PENERAPAN TEKNIK SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS Vb SDN 10 LEMBANG KECAMATAN LABAKKANG KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN

WILDA DWI LESTARI (2023) PENERAPAN TEKNIK SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS Vb SDN 10 LEMBANG KECAMATAN LABAKKANG KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN.

[img] Text
sampul skripsi.docx

Download (61kB)
[img] Image
persetujuan pembimbing.jpg

Download (328kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (56kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (25kB)
[img] Text
1 - 2.docx

Download (32kB)
[img] Text
3 - 4.docx

Download (38kB)
[img] Text
5 - 6.docx

Download (32kB)
[img] Text
dokumentasi.docx

Download (416kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (36kB)

Abstract

Wilda Dwi Lestari., 2016. Penerapan Teknik Scrambe luntuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas Vb SDN 10 Lembang kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkajene. Skripsi ini Di bimbing oleh Nur Abidah Idrus, S.Pd,M.Pd. dan Dra. Arnida, M.Si Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makasar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Penggunaan Teknik Scrambel Dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pelajaran Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V SDN 10 Lembang Kecamatan Labbakang Kabupaten Pangkajene?.Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penggunaan teknik scramble dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran membaca pemahaman di kelas V SDN 10 Lembang Kecamatan Labbakang Kabupaten Pangkajene. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian terdiri dari 1 orang guru dan 20 orang siswa, yaitu 12 orang laki-laki, dan 8 orang perempuan. Fokus penelitian adalah proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Penerapan Teknik Scrambel untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V SDN 10 Lembang Kecamatan Labbakang Kabupaten Pangkajene. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi guru dan siswa yang mengalami perkembangan setiap siklus. Aktifitas mengajar guru dan aktifitas belajar siswa pada Siklus I berada pada kategori cukup dan Siklus II berada pada kategori baik. Selain itu dapat pula dilihat dari hasil tes Siklus I berada pada kategori cukup dan meningkat pada Siklus I berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa jika Teknik Scrambel diterapkan, maka Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V SDN 10 Lembang Kecamatan Labbakang Kabupaten Pangkajene meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 May 2023 03:31
Last Modified: 30 May 2023 03:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29306

Actions (login required)

View Item View Item