PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN (HAND PUPPET) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SD INPRES PERUMNAS ANTANG II/I KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR

CHAIRUNNISA H. ABUBAKAR (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN (HAND PUPPET) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SD INPRES PERUMNAS ANTANG II/I KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (62kB)
[img] Text
2. Hal v-xvii.docx

Download (39kB)
[img] Text
3. Bab 1-5.docx

Download (235kB)
[img] Text
4. L A M P I R A N.docx

Download (10kB)
[img] Text
5. RPP PERTMUAN 1.docx

Download (137kB)
[img] Text
6. RPP POST TEST fix.docx

Download (141kB)
[img] Text
8. Dokumentasi.docx

Download (3MB)
[img] Text
14. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (40kB)

Abstract

CHAIRUNNISA H. ABUBAKAR, 2016. Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan (Hand Puppet) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas II SD Inpres Perumnas Antang II/I Kecamatan Manggala Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom., M.Pd. dan Sumarlin Mus, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran yang kurang efektif dan pembelajaran yang bersifat konvensional yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD Inpres Perumnas Antang II/I Kecamatan Manggala Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini yaitu “adakah pengaruh penggunaan media boneka tangan (hand puppet) untuk meningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas II Sd Inpres Perumnas Antang II/1 Kecamatan Manggala Kota Makassar?”. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media boneka tangan (Hand Puppet) untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas II SD Inpres Perumnas Antang II/I Kecamatan Manggala Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian eksperimen. Fokus penelitian ini adalah pembelajaran Bahasa Indonesia dan hasil belajar Bahasa Indonesia. Populasi pada penelitian ada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu Sampling Purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi, teknik analisis data dengan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media boneka tangan (Hand Puppet) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas II SD Inpres Perumnas Antang II/1 Kecamatan Manggala Kota Makassar sebelum dan sesudah dibelajarkan dengan menggunakan media boneka tangan (hand puppet).

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 May 2023 06:22
Last Modified: 29 May 2023 06:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29263

Actions (login required)

View Item View Item