PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK, TALK, WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NOMOR 100 NANGKAE KECAMATAN SINJAI BORONG KABUPATEN SINJAI

RIDAYANI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK, TALK, WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NOMOR 100 NANGKAE KECAMATAN SINJAI BORONG KABUPATEN SINJAI.

[img] Text
1. SAMPUL UTAMA.rtf

Download (328kB)
[img] Text
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING.rtf

Download (2MB)
[img] Text
5. MOTTO.rtf

Download (42kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.rtf

Download (47kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.rtf

Download (55kB)
[img] Text
7. PRAKATA.rtf

Download (74kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.rtf

Download (140kB)
[img] Text
9. BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
10. BAB II.docx

Download (43kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
15. Lampiran 1 - 5.docx

Download (75kB)
[img] Text
16. Lampiran 6 - 13.docx

Download (79kB)
[img] Text
20. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (32kB)

Abstract

Ridayani, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write (TTW) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri Nomor 100 Nangkae Kecamatan Sinjai Borong Kabupaten Sinjai. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Latri Aras, S. Pd., M. Pd dan Dra. Hj. Nurhaedah A, M. Si. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas V. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pada siswa kelas V. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran TTW dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran TTW dan hasil belajar matematika siswa kelas V. Dalam kegiatan pelaksanaan penelitian ini, peneliti bertindak sebagai guru dan guru kelas bertindak sebagai observer. Subjek dalam peneltian ini yakni guru dan 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah dapat/berhasil menerapkan langkah-langkah model TTW terlihat dari aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori baik dan belum mencapai indikator keberhasilan karena guru belum sepenuhnya melaksanakan indikator sesuai langkah pembelajaran dan pada siklus II berada pada kategori baik pula dan telah mencapai indikator keberhasilan sesuai langkah pembelajaran. Aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan dan belum mencapai indikator keberhasilan karena masih ada siswa yang belum aktif dalam pembelajaran dan pada siklus II berada pada kategori baik dan telah mencapai indikator keberhasilan karena siswa sudah aktif dalam pembelajaran. Setelah penerapan TTW, hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan, hal ini terlihat dari hasil belajar siswa pada siklus I belum mencapai indikator keberhasilan dengan KKM 65. Dan meningkat pada siklus II, karena telah mencapai indikator keberhasilan dengan KKM 65. Dengan demikian penerapan model pembelajaran koopertaif tipe Think, Talk, Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kela V SD Negeri Nomor 100 Nangkae Kecamatan Sinjai Borong Kabupaten Sinjai.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 May 2023 02:12
Last Modified: 26 May 2023 02:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29205

Actions (login required)

View Item View Item