PENERAPAN STRATEGI AKTIVITAS MENULIS TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V B SD INPRES BORONG JAMBU III KOTA MAKASSAR

CITRA PERTIWI (2023) PENERAPAN STRATEGI AKTIVITAS MENULIS TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V B SD INPRES BORONG JAMBU III KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI CITRA.docx

Download (37kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN citra.docx

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRAK citra.docx

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB I Citra.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II Citra.docx

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Citra.docx

Download (18kB)
[img] Text
Lampiran CITRA.docx

Download (883kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP citra.doc

Download (128kB)

Abstract

CITRA PERTIWI, 2016. Penerapan Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas V B SD Inpres Borong Jambu III Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Muh. Faisal, M.Pd., dan Sahril Buchori, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis karangan narasi siswa Kelas V B SD Inpres Borong Jambu III Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi aktivitas menulis terbimbing dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada Siswa Kelas V B SD Inpres Borong Jambu III Kota Makassar? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi aktivitas menulis terbimbing dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada Siswa Kelas V B SD Inpres Borong Jambu III Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Prosedur kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian yakni penerapan strategi aktivitas menulis terbimbing dan keterampilan menulis karangan narasi. Penelitian dilaksanakan di SD Inpres Borong Jambu III Kota Makassar. Subjek penelitian yakni 1 orang guru dan 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I mencapai kategori cukup (C) meningkat menjadi kategori baik (B) pada siklus II. Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik (B). Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa dalam menulis karangan narasi dari kategori cukup (C) pada siklus I menjadi kategori baik (B) pada siklus II dan telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan. Dengan demikian, penerapan strategi aktivitas menulis terbimbing dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada Siswa Kelas V B SD Inpres Borong Jambu III Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 May 2023 01:41
Last Modified: 25 May 2023 01:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29130

Actions (login required)

View Item View Item