ST. HAJAR (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD INPRES 22 PUNRANGA KECAMATAN PUJANANTING KABUPATEN BARRU.
Text
SAMPUL DEPAN.docx Download (24kB) |
|
Text
bagian luar.docx Download (245kB) |
|
Text
BAB I II dan III.docx Download (114kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (21kB) |
|
Text
Aspek Siswa.docx Download (90kB) |
|
Text
Aspek Guru.docx Download (151kB) |
|
Text
rekap nilai proses dan hasil.docx Download (24kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (34kB) |
Abstract
St. Hajar, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Inpres 22 Punranga Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru. Skripsi. Dibimbing Dra. St. Nursiah B., M.Pd dan Dra. Hj. Nurhaedah, M.Si. Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universutas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V. Adapun Rumusan masalahnya yang dikaji adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Inpres 22 Punranga Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru? Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Inpres 22 Punranga Kecamatan Pujananting KabupatenBarru. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian dalam hal ini tertuju pada fokus penerepan model Snowball Throwing dan hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Inpres 22 Punranga Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru, sebanyak 26 siswa yang terdiri dari 9 laki-laki dan 17 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan ini dapat dilihat dari aktivitas guru dan siswa yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup dan meningkat menjadi kategori baik pada siklus II. Sementara hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II meningkat dari kategori cukup menjadi kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing secara maksimal maka berdampak pada peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Inpres 22 Punranga Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 24 May 2023 02:38 |
Last Modified: | 24 May 2023 02:38 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29092 |
Actions (login required)
View Item |