PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI MALEWANG KOTA MAKASSAR

NUR QAMARIA ISLAMIYAH NASAR (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI MALEWANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1.SAMPUL.docx

Download (61kB)
[img] Text
2.BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
3.BAB II.docx

Download (37kB)
[img] Text
4.BAB III.docx

Download (50kB)
[img] Text
5.BAB IV.docx

Download (62kB)
[img] Text
6.BAB V.docx

Download (16kB)
[img] Text
7.DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
15.DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
16.Persuratan.docx

Download (1MB)
[img] Text
17.RIWAYAT HIDUP RIA.docx

Download (34kB)

Abstract

Permasalahan penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Malewang Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V di SD Negeri Malewang Kota Makassar? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Malewang Kota Makassar. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan alur kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada tiap-tiap siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Malewang Kota Makassar dengan jumlah siswa 30 orang. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pada setiap siklusnya yang dapat dilihat pada aktivitas guru dan siswa, aktivitas guru pada siklus I dikategorikan cukup sedangkan siklus II telah dikategorikan baik, aktivitas siswa pada siklus I dikategorikan cukup dan belum maksimal sedangkan siklus II telah dikategorikan baik dan maksimal. Selain itu, peningkatan hasil belajar terlihat pada meningkatnya nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II, ketuntasan secara klasikal telah mencapai indikator yang telah ditetapkan. Hasil belajar siswa pada siklus I telah dikategorikan kurang sedangkan pada siklus II dikategorikan baik dan ketuntasan minimal siswa sudah tercapai. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Malewang Kota Makassar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation meningkat

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 May 2023 07:26
Last Modified: 23 May 2023 07:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29080

Actions (login required)

View Item View Item