PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GADDONG I MAKASSAR

UMMI KALTSUM (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GADDONG I MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (44kB)
[img] Text
ALL HALAMAN DEPAN.doc

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR ISI mymy.docx

Download (23kB)
[img] Other
BAB I.DOC

Download (56kB)
[img] Text
BAB II edit mymy.docx

Download (47kB)
[img] Text
bab III.docx

Download (28kB)
[img] Text
bab IV BARU mymy.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB V mymy.docx

Download (17kB)
[img] Text
LAMPIRAN BARU 2.docx

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP MYMY.docx

Download (55kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture And Picture untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri Gaddong I Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Bagaimanakah penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan Narasi pada siswa kelas V SDN Gaddong I Makassar?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Picture And Picture. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan tehnik analisis data kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu berfokus pada penerapan model pembelajaran Picture And Picture dan keterampilan menulis karangan narasi. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan siswa kelas V SD Negeri Gaddong I Makassar sebanyak 35 orang siswa yang terdiri dari 17 orang perempuan dan 18 orang laki-laki. Dalam prosedur pelaksanaannya dilakukan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data diperoleh melalui tehnik observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Berdasarkan data hasil penelitian dari siklus I yaitu observasi guru berada pada kategori cukup (C) sedangkan observasi siswa berada pada kategori kurang (K) dan cukup (C) dan hasil tes akhir siswa pada siklus I berada pada kategori kurang (K). Sedangkan pada siklus II, observasi guru baik (B) dan sangat baik (SB) dan observasi siswa berada pada kategori baik (B) sedangkan tes akhir siswa pada siklus II berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan hasil penelitian yaitu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture And Picture dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri Gaddong I Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 May 2023 07:18
Last Modified: 23 May 2023 07:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29079

Actions (login required)

View Item View Item