UMMI KALTSUM (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GADDONG I MAKASSAR.
Text
SAMPUL SKRIPSI.docx Download (44kB) |
|
Text
ALL HALAMAN DEPAN.doc Download (138kB) |
|
Text
DAFTAR ISI mymy.docx Download (23kB) |
|
Other
BAB I.DOC Download (56kB) |
|
Text
BAB II edit mymy.docx Download (47kB) |
|
Text
bab III.docx Download (28kB) |
|
Text
bab IV BARU mymy.docx Download (47kB) |
|
Text
BAB V mymy.docx Download (17kB) |
|
Text
LAMPIRAN BARU 2.docx Download (4MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (18kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP MYMY.docx Download (55kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture And Picture untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri Gaddong I Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Bagaimanakah penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan Narasi pada siswa kelas V SDN Gaddong I Makassar?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Picture And Picture. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan tehnik analisis data kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu berfokus pada penerapan model pembelajaran Picture And Picture dan keterampilan menulis karangan narasi. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan siswa kelas V SD Negeri Gaddong I Makassar sebanyak 35 orang siswa yang terdiri dari 17 orang perempuan dan 18 orang laki-laki. Dalam prosedur pelaksanaannya dilakukan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data diperoleh melalui tehnik observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Berdasarkan data hasil penelitian dari siklus I yaitu observasi guru berada pada kategori cukup (C) sedangkan observasi siswa berada pada kategori kurang (K) dan cukup (C) dan hasil tes akhir siswa pada siklus I berada pada kategori kurang (K). Sedangkan pada siklus II, observasi guru baik (B) dan sangat baik (SB) dan observasi siswa berada pada kategori baik (B) sedangkan tes akhir siswa pada siklus II berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan hasil penelitian yaitu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture And Picture dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri Gaddong I Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 23 May 2023 07:18 |
Last Modified: | 23 May 2023 07:18 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29079 |
Actions (login required)
View Item |