PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI MALEWANG KOTA MAKASSAR

YUNITJE THERESIA LALOMBO (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI MALEWANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (107kB)
[img] Text
7. PERSURATAN.docx

Download (4MB)
[img] Text
1. BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
2. BAB II.docx

Download (36kB)
[img] Text
3. BAB III.docx

Download (39kB)
[img] Text
4. BAB IV.docx

Download (54kB)
[img] Text
5. BAB V.docx

Download (20kB)
[img] Text
8. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (42kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji masalah tentang rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Malewang Kota Makassar melalui penerapan model Pembelajaran Inside-Outside Circle dengan rumusan masalah; bagaimanakah penerapan model Pembelajaran Inside-Outside Circle untuk meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Malewang Kota Makassar? Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Inside-Outside Circle untuk meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Malewang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Inside-Outside Circle dan hasil belajar IPA.Setting penelitian bertempat di SD Negeri Malewang Kota Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru/wali kelas V dan siswa kelas V yang berjumlah 30 orang. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif deskriptif. Hasil pengamatan guru pada siklus I cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B) sedangkan hasil pengamatan siswa siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA berada pada kategori kurang (K) dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori Sangat Baik (SB). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model Pembelajaran Inside-Outside Circle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Malewang Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 May 2023 06:55
Last Modified: 23 May 2023 06:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29074

Actions (login required)

View Item View Item