PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS ANAK MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA KELOMPOK B RA DARUL ISTIQAMAH MANGGARUPI KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

DARMINI (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS ANAK MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA KELOMPOK B RA DARUL ISTIQAMAH MANGGARUPI KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI (MINI).docx

Download (26kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR ISI (MINI).docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR & LAMPIRAN.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB I MINI.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB III MINI.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB III MINI.docx

Download (32kB)
[img] Text
HASIL OBSERVASI ANAK (DARMINI).docx

Download (41kB)
[img] Text
LEMBAR OBSERVASI UNTUK GURU.docx

Download (49kB)
[img] Text
riwayat hidup darmini.docx

Download (1MB)

Abstract

DARMINI. 2018. Peningkatkan Kemampuan Sains Anak Melalui Metode Eksperimen Pada Kelompok B RA Darul Istiqamah Manggarupi Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Dibimbing oleh Dr. Muhammad Yusri B, S.Pd., M.Pd. dan Dra. Sri Sofiani, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan kemampuan sains anak melalui metode eksperimen pada kelompok B RA Darul Istiqamah Manggarupi Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan sains anak melalui metode eksperimen pada kelompok B RA Darul Istiqamah Manggarupi Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas kelas ini terdiri dari dua siklus dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan 20 anak didik Kelompok B RA Darul Istiqamah Manggarupi Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengelompokkan data guru dan anak dalam proses pembelajaran berdasarkan indikator. Hasil penelitian menyatakan kemampuan sains anak meningkat melalui, metode eksperimen tenggelam, terapung dan melayang dalam hal ini anak sudah mampu melakukan perobaan sederhana, anak mampu mengamati perubahan-perubahan yang terjadi disekitarnya, anak mampu memahami hubungan sebab akibat, dan anak mampu mengkomunikasikan tentang sesuatu sebagai hasil sebuah pengamatan.Hasil analisa pada penelitian ini menunjukkan peningkatan dari kegiatan evaluasi siklus I dan siklus II. Pada evaluasi siklus I anak yang mencapai ketuntasan belajar persentase ketercapaiannya yaitu 17 orang atau sekitar 85%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan sains anak pada kelompok B RA Darul Istiqamah Manggarupi Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa dengan metode eksperimen tenggelam, terapung dan melayang mengalami peningkatan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Feb 2023 06:26
Last Modified: 01 Feb 2023 06:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26953

Actions (login required)

View Item View Item