PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI TEKNIK MOZAIK DI TAMAN KANAK-KANAK NUR INSANI 1 TAMARUNANG KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

NURSIAH (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI TEKNIK MOZAIK DI TAMAN KANAK-KANAK NUR INSANI 1 TAMARUNANG KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (61kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (24kB)
[img] Text
LAMPIRAN LENGKAP.docx

Download (3MB)

Abstract

Nursiah, 2018, Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui teknik Mozaik di Taman Kanak-kanak Nur Insani 1 Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Azizah Amal, S.S., M.Pd.; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui teknik Mozaik di Taman Kanak-kanak Nur Insani 1 Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana teknik mozaik dapat meningkatkan kemampuan motorik halus di TK Nur Insani 1 Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus yang dicapai pada anak melalui teknik mozaik. Subjek penelitian sebanyak 20 orang anak didik yang telah diketahui umurnya 5 sampai 6 tahun. Peningkatan kemampuan motorik halus anak diobservasi dengan melihat kemampuan anak dalam menjiplak, menggunting, dan menempelkan pola. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan penilaian deskriptif. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan melalui 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik mozaik mampu meningkatkan kemampuan motorik halus anak di TK Nur Insani 1 Tamarunang. Kemampuan teknik mozaik dalam meningkatkan motorik halus anak dikarenakan metode ini menarik dan inovatif sehingga anak menjadi fokus menyelesaikan pola yang diberikan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Feb 2023 06:05
Last Modified: 01 Feb 2023 06:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26951

Actions (login required)

View Item View Item