PENGARUH BERMAIN KONSTRUKTIF DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK PADA KELOMPOK B DI PAUD TERPADU TERATAI UNM KOTA MAKASSAR

Fitratul Aini (2023) PENGARUH BERMAIN KONSTRUKTIF DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK PADA KELOMPOK B DI PAUD TERPADU TERATAI UNM KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. Sampul.docx

Download (75kB)
[img] Text
3. MOTO.docx

Download (13kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (16kB)
[img] Text
4. ABSTRAK Baru.docx

Download (19kB)
[img] Text
5. PRAKATA.docx

Download (23kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.docx

Download (20kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.docx

Download (15kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.docx

Download (18kB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (20kB)
[img] Text
1. BAB 1.docx

Download (24kB)
[img] Text
2. BAB II.docx

Download (48kB)
[img] Text
3. BAB III.rtf

Download (225kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (38kB)

Abstract

Fitratul Aini, 2017. Pengaruh Bermain Konstruktif Dengan Media Puzzle Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Pada Kelompok B Di Paud Terpadu Teratai UNM Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Muhammad Akil Musi, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Muh. Yusri Bachtiar, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1. Bagaimanakah gambaran kemampuan motorik halus anak yang diberi perlakuan bermain konstruktif dengan media puzzle pada kelompok B di Paud Terpadu Teratai UNM Kota Makassar? 2. Bagaimanakah gambaran kemampuan motorik halus anak yang diberi perlakuan dengan pembelajaran mozaik di Paud Terpadu Teratai UNM Kota Makassar? 3. Apakah ada pengaruh bermain konstruktif dengan media puzzle terhadap kemampuan motorik halus anak pada kelompok B di Paud Terpadu Teratai UNM Kota Makassar?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu : 1. Untuk mengetahui gambaran kemampuan motorik halus anak yang diberi perlakuan bermain konstruktif dengan media puzzle pada kelompok B di Paud Terpadu Teratai UNM Kota Makassar. 2. Untuk mengetahui gambaran kemampuan motorik halus anak yang diberi perlakuan dengan pembelajaran mozaik di Paud Terpadu Teratai UNM Kota Makassar. 3. Untuk mengetahui Pengaruh bermain konstruktif dengan media puzzle terhadap kemampuan motorik halus pada kelompok B di Paud Terpadu Teratai UNM Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment atau eksperimen semu dengan jumlah populasi penelitian 61 anak kelompok B, sedangkan sampel penelitian kelompok B1 sebagai kelas eksperimen dan kelompok B3 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melalui observasi dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan yaitu pemberian perlakuan (treatment), pemberian posstest, dan analisis hasil. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik nonparametric dengan menggunakan analisis uji beda wilcoxon. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa bermain konstruktif dengan media puzzle berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B di Paud Terpadu Teratai UNM Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kemampuan motorik halus anak pada kelompok eksperimen lebih tinggi dari nilai anak pada kelompok kontrol. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji beda wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bermain konstruktif dengan media puzzle terhadap kemampuan motorik halus pada anak kelompok B di Paud Terpadu Teratai UNM Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:09
Last Modified: 31 Jan 2023 02:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26911

Actions (login required)

View Item View Item