Pengaruh Kegiatan Mendongeng Menggunakan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Pada Kelompok B Di PAUD Terpadu Teratai UNM Kota Makassar.

Aulia Nurul Azizah. (2023) Pengaruh Kegiatan Mendongeng Menggunakan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Pada Kelompok B Di PAUD Terpadu Teratai UNM Kota Makassar.

[img] Text
HALAMAN AWAL.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)
[img] Text
Lampiran 1-5.pdf

Download (251kB)
[img] Text
Lampiran 6-7.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Lampiran 8.pdf

Download (99kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf

Download (62kB)

Abstract

Aulia Nurul Azizah. 2016. Pengaruh Kegiatan Mendongeng Menggunakan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Pada Kelompok B Di PAUD Terpadu Teratai UNM Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Azizah Amal, SS, M.Pd selaku pembimbing I dan Muh. Yusri Bachtiar, S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing II. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah kemampuan bahasa ekspresif anak pada kelompok B di PAUD Terpadu Teratai UNM Kecamatan Rappocini Kota Makassar yang dibelajarkan dengan kegiatan mendongeng dan anak yang dibelajarkan dengan kegiatan bercerita? 2) Apakah terdapat pengaruh dengan menggunakan media boneka tangan terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak yang dibelajarkan dengan kegiatan mendongeng dibandingkan anak yang dibelajarkan dengan bercerita? Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui kemampuan bahasa ekspresif anak pada kelompok B di PAUD Terpadu Teratai UNM Kecamatan Rappocini Kota Makassar yang dibelajarkan dengan kegiatan mendongeng dan anak yang dibelajarkan dengan kegiatan bercerita. 2) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan bahasa ekspresif anak yang dibelajarkan dengan kegiatan mendongeng dibandingkan anak yang dibelajarkan dengan kegiatan bercerita. Pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian Quasi Ekperiment atau ekperimen semu. Populasi penelitian adalah kelas B di PAUD Terpadu Teratai UNM Kecamatan Rappocini Kota Makassar sampel penelitian ini berjumlah 20 anak yang terdiri dari 10 kelompok eksperimen dan 10 kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda Wilcoxon. Perbedaan uji beda antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan bahasa ekspresif anak yang dibelajarkan dengan kegiatan mendongeng dibandingkan anak yang dibelajarkan dengan metode bercerita. Hal ini merujuk pada nilai t hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penggunaan metode mendongeng menggunakan boneka tangan terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak di PAUD Terpadu Teratai UNM Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:45
Last Modified: 31 Jan 2023 01:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26909

Actions (login required)

View Item View Item