PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MOZAIK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH II PERUMNAS KOTA MAKASSAR

NIRMAYANTI T. (2023) PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MOZAIK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH II PERUMNAS KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (90kB)
[img] Text
Bab 1.docx

Download (30kB)
[img] Text
Bab 2.docx

Download (46kB)
[img] Text
Bab 3.docx

Download (36kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran-Lampiran.docx

Download (54kB)
[img] Text
Foto Kegiatan.docx

Download (197kB)
[img] Text
Riwayat Hidup nirmayanti.docx

Download (69kB)

Abstract

Nirmayanti T., 2016. Peningkatan Kreativitas Anak melalui Kegiatan Mozaik di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah II Perumnas Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd. dan Drs. A. Budiman, M.Kes. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah II Perumnas Kota Makassar. Rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimanakah peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan mozaik di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah II Perumnas Kota Makassar? Tujuan yang ingin dicapai yakni untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan mozaik di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah II Perumnas Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Pelaksanaan terdiri atas 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan anak kelompok B5 sebanyak 15 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil yang dicapai pada siklus I menunjukkan pelaksanaan kegiatan mozaik berada pada kategori cukup pada pertemuan pertama dan kategori tinggi pada pertemuan kedua. Anak masih meniru hasil karya temannya. Hasil yang dicapai pada siklus II menunjukkan guru pelaksanaan kegiatan mozaik berada pada kategori tinggi pada pertemuan pertama dan kategori sangat tinggi pada pertemuan kedua. Anak mampu membuat hasil karya sendiri tanpa meniru hasil karya temannya, anak mampu menggerakkan tangannya dengan luwes dan lancar. Selain itu, anak mampu menuangkan ide-ide kreatifnya dengan menciptakan mozaik dari berbagai bentuk potongan kertas dan warna. Sebagai kesimpulan, kegiatan mozaik dapat meningkatkan kreativitas anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah II Perumnas Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jan 2023 07:03
Last Modified: 27 Jan 2023 07:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26858

Actions (login required)

View Item View Item