PENGARUH PENERAPAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK BUSTANUL ISLAMIYAH KOTA MAKASSAR

ISMIYATI (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK BUSTANUL ISLAMIYAH KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (36kB)
[img] Text
AWAL.docx

Download (30kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.docx

Download (191kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1 DAN 2 63.docx

Download (29kB)
[img] Text
LAMPIRAN 2 LANJUT 66.docx

Download (22kB)
[img] Text
LAMPIRAN 3 67-72.docx

Download (22kB)
[img] Text
LAMPIRAN 4 RPPH 73-80.docx

Download (44kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (34kB)

Abstract

Ismiyati.2016. Pengaruh Penerapan Metode eksperimen berbasis scientific approach Terhadap perkembangan kecerdasan logis matematis Anak Kelompok B TK Bustanul Islamiyah kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Bapak Herman S.Pd, M.Pd dan Drs. M. Ali Latif Amri, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah tentang Pengaruh Penerapan Metode eksperimen berbasis scientific approach Terhadap perkembangan kecerdasan logis matematis anak Kelompok B TK Bustanul Islamiyah kota Makassar. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu gambaran kecerdasan logis matematis anak kelompok B TK Bustanul Islamiyah kota Makassar sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa penerapan metode eksperimen berbasis scientific approach dan Apakah terdapat pengaruh penerapan metode eksperimen berbasis scientific approach terhadap kecerdasan logis matematis anak kelompok B TK Bustanul Islamiyah kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimen design, Pendekatan yang dipilih yaitu pendekatan kuantitatif. Tehnik Sampel menggunakan tehnik sampel jenuh dimana jumlah populasi dan sampel yang sama yaitu berjumlah 17 anak, laki-laki sebanyak 6 anak dan perempuan sebanyak 11 anak. Indikator yang digunakan yaitu melakukan kegiatan memecahkan masalah sederhana yang dihadapi, Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal konsep besar-kecil, banyak-sedikit, panjang-pendek, berat-ringan, tinggi-rendah dengan mengukur menggunakan alat ukur tidak baku serta Menyebutkan jumlah benda dengan cara menghitung. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi dan uji non parametrik menggunakan uji beda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata kecerdasan logis matematis anak sebelum diberi perlakukan yaitu sebesar 27 dan setelah diberikan perlakukan sebesar 32,88. Sedangkan pada uji non parametrik didapat nilai T hitung yang diperoleh yaitu sebesar 153 dan T tabel 35 maka diperoleh hasil T hitung (153) >nilai T tabel sebesar (35) maka Ho ditolak dan H1 diterima artinya ada pengaruh penerapan metode eksperimen berbasis scientific approach terhadap perkembangan kecerdasan logis matematis anak kelompok B TK Bustanul Islamiyah Kota Makassar, sedangkan nilai Z hitung yang diperoleh yaitu 17,7 dan Z tabel 1,645 maka diperoleh hasil nilai Z (17,7) > nilai Z tabel (1,645) maka Ho ditolak dan H1 diterima artinya ada pengaruh penerapan metode eksperimen berbasis scientific approach terhadap perkembangan kecerdasan logis matematis anak Kelompok B TK Bustanul Islamiyah Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:12
Last Modified: 26 Jan 2023 02:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26791

Actions (login required)

View Item View Item