PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KOSAKATA ANAK MELALUI BERMAIN KARTU KATA BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK KARTINI BUKIT BARUGA KOTA MAKASSAR

ASTUTI RAHIM (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KOSAKATA ANAK MELALUI BERMAIN KARTU KATA BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK KARTINI BUKIT BARUGA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL PROPOSAL.docx

Download (88kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1 & 2.docx

Download (30kB)
[img] Text
LAMPIRAN 3.docx

Download (27kB)
[img] Text
LAMPIRAN 4.docx

Download (25kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (23kB)

Abstract

Astuti Rahim. 2016. Penerapan kegiatan bermain plastisin dalam meningkatkan kreativitas anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal II Tamalate I Kec. Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr.Parwoto,M.Pd dan Azizah Amal S.S,M.Pd. Pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah kreativitas anak dalam bermain plastisin masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan kegiatan bermain plastisin dalam meningkatkan kreativitas anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal II Tamalate I Kec. Rappocini Kota Makassar? Yang bertujuan untuk mengetahui penerapan kegiatan bermain plastisin dalam meningkatkan kreativitas anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal II Tamalate I Kec. Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Fokus penelitian ini adalah kreativitas anak dan bermain plastisin. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok A Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal II Tamalate I Kec. Rappocini Kota Makassar yaitu 2 orang guru dan 20 orang anak pada kelompok A. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kegiatan bermain plastisin dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan kreativitas anak hal ini terlihat pada siklus I. Hasil yang diperoleh pada siklus I menunjukkan pencapaian tujuan penelitian belum dapat dikatakan berhasil karena kreativitas anak masih tergolong rendah dan masih banyak anak yang berada pada kategori mulai berkembang. Hal ini disebabkan guru kurang memberikan contoh dan motivasi kepada anak sehingga anak kurang mampu untuk berbuat/berkarya. Pada siklus II menunjukkan pembelajaran terpenuhi dengan baik dimana guru sudah memberikan contoh dan menjelaskan bentuk yang akan dibuat oleh anak dan sudah banyak memberi motivasi sehingga anak sudah mampu berbuat/berkarya. Pada siklus II kreativitas anak sudah semakin berkembang sesuai dengan indikatorr keberhasilan. Oleh karena itu kegiatan bermain plastisin merupakan kegiatan yang efektif untuk meningkatkan kreativitas pada anak dalam hal kemampuan berfikir kritis dan rasa ingin tahu, tertarik pada kegiatan/tugas yang dirasakan sebagai tantangan, anak mampu menghargai keindahan dan anak mampu berbuat atau berkarya dini. Hal ini karena media plastisin merangsang anak untuk berfikir kreatif, merangsang imajinasi anak sehingga menghasilkan karya yang kreatif.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 01:31
Last Modified: 26 Jan 2023 01:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26785

Actions (login required)

View Item View Item