PENINGKATAN PENGUASAAN BILANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BERMAIN KARTU ANGKA BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH RANTING MALIMONGAN TUA MAKASSAR

Hj. JABANIAH. (2023) PENINGKATAN PENGUASAAN BILANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BERMAIN KARTU ANGKA BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH RANTING MALIMONGAN TUA MAKASSAR.

[img] Text
Hj Jabaniah Sampul.docx

Download (207kB)
[img] Text
Hj. Jabaniah BAB 1-3.docx

Download (52kB)
[img] Text
Hj Jabaniah Bab 4-5.docx

Download (43kB)
[img] Text
Hj. Jabaniah Kisi-kisi.docx

Download (23kB)
[img] Text
Hj. Jabaniah Lembar Observasi Anak.docx

Download (40kB)
[img] Text
Hj. Jabaniah Skenario Perbaikan.docx

Download (27kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP JABANIAH.docx

Download (62kB)

Abstract

Hj. JABANIAH. 2015. Peningkatan Penguasaan Bilangan Melalui Penggunaan Media Bermain Kartu Angka Bergambar Di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Ranting Malimongan Tua Makassar. Dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si. dan Hajerah, S.Pd.I., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Kemampuan penguasaan bilangan anak pada Taman Kanak-kanak Aisyiyah Ranting Malimongan Tua Makassar masih kurang, Hal ini dibuktikan bahwa pada saat kegiatan belajar mengajar, masih ada anak yang belum bisa menyebutkan angka bila diperlihatkan lambang bilangannya, menghubungkan benda-benda kongkret dengan lambang bilangan 1-20. Oleh karena itu, peneliti merumuskan masalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan penguasaan bilangan anak melalui bermain kartu angka bergambar di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Ranting Malimongan Tua Makassar. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan penguasaan bilangan anak melalui bermain kartu angka bergambar di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Ranting Malimongan Tua Makassar. Subyek pembelajaran adalah anak didik Kelompok B Taman Kanak-kanak Aisyiyah Ranting Malimongan Tua Makassar. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan pembahasan pada bab sebelumnya, maka ditarik kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan penguasaan bilangan anak dapat meningkat melalui bermain kartu angka bergambar. Disini dapat dilihat pada awal pertemuan ketertarikan anak masih kurang terhadap permainan, tetapi pada pertemuan pertengahan sampai akhir anak mulai tertarik dan penuh semangat dalam bermain kartu angka bergambar. Begitupun pencapaian indikator kemampuan penguasaan bilanganmengalami peningkatan karena sampai pada pertemuan terakhir anak mampu menyebutkan angka bila diperlihatkan lambang bilangannya dan mampu menghubungkan benda-benda kongkret dengan lambang bilangan 1-20.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Jan 2023 06:16
Last Modified: 16 Jan 2023 06:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26563

Actions (login required)

View Item View Item