Hj. JABANIAH. (2023) PENINGKATAN PENGUASAAN BILANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BERMAIN KARTU ANGKA BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH RANTING MALIMONGAN TUA MAKASSAR.
Text
Hj Jabaniah Sampul.docx Download (207kB) |
|
Text
Hj. Jabaniah BAB 1-3.docx Download (52kB) |
|
Text
Hj Jabaniah Bab 4-5.docx Download (43kB) |
|
Text
Hj. Jabaniah Kisi-kisi.docx Download (23kB) |
|
Text
Hj. Jabaniah Lembar Observasi Anak.docx Download (40kB) |
|
Text
Hj. Jabaniah Skenario Perbaikan.docx Download (27kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP JABANIAH.docx Download (62kB) |
Abstract
Hj. JABANIAH. 2015. Peningkatan Penguasaan Bilangan Melalui Penggunaan Media Bermain Kartu Angka Bergambar Di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Ranting Malimongan Tua Makassar. Dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si. dan Hajerah, S.Pd.I., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Kemampuan penguasaan bilangan anak pada Taman Kanak-kanak Aisyiyah Ranting Malimongan Tua Makassar masih kurang, Hal ini dibuktikan bahwa pada saat kegiatan belajar mengajar, masih ada anak yang belum bisa menyebutkan angka bila diperlihatkan lambang bilangannya, menghubungkan benda-benda kongkret dengan lambang bilangan 1-20. Oleh karena itu, peneliti merumuskan masalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan penguasaan bilangan anak melalui bermain kartu angka bergambar di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Ranting Malimongan Tua Makassar. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan penguasaan bilangan anak melalui bermain kartu angka bergambar di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Ranting Malimongan Tua Makassar. Subyek pembelajaran adalah anak didik Kelompok B Taman Kanak-kanak Aisyiyah Ranting Malimongan Tua Makassar. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan pembahasan pada bab sebelumnya, maka ditarik kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan penguasaan bilangan anak dapat meningkat melalui bermain kartu angka bergambar. Disini dapat dilihat pada awal pertemuan ketertarikan anak masih kurang terhadap permainan, tetapi pada pertemuan pertengahan sampai akhir anak mulai tertarik dan penuh semangat dalam bermain kartu angka bergambar. Begitupun pencapaian indikator kemampuan penguasaan bilanganmengalami peningkatan karena sampai pada pertemuan terakhir anak mampu menyebutkan angka bila diperlihatkan lambang bilangannya dan mampu menghubungkan benda-benda kongkret dengan lambang bilangan 1-20.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 06:16 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 06:16 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26563 |
Actions (login required)
View Item |