SITTI SALAMATANG (2023) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM KEMAMPUAN SAINS DI TAMAN KANAK-KANAK SEJAHTERA DESA CINENNUNG KECAMATAN CINA KABUPATEN BONE.
Text
SAMPUL N HALAMAN JUDUL.docx Download (24kB) |
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING benar.docx Download (101kB) |
|
Text
MOTTO.docx Download (14kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (14kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (12kB) |
|
Text
PRAKATAx sitti.docx Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.docx Download (12kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (69kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
|
Text
kisi-kisi insteumen.docx Download (15kB) |
|
Text
hasil wawancara.docx Download (14kB) |
|
Text
lampiran foto.docx Download (657kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Download (46kB) |
Abstract
SITTI SALAMATANG. 2015. Penerapan Metode Eksperimen dalam Kemampuan Sains di Taman Kanak-kanak Sejahtera Desa Cinennung Kecamatan Cina Kabupaten Bone. Skripsi ini dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd, sebagai pembimbing pertama dan Muh. Yusri Bachtiar, S.Pd, M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode eksperimen eksperimen dalam kemampuan sains anak Taman Kanak-kanak Sejahtera Desa Cinennung Kecamatan Cina Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode eksperimen anak dalam kemampuan sains anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan anak di Taman Kanak-kanak Sejahtera Desa Cinennung Kecamatan Cina Kabupaten Bone pada kelompok B berjumlah 15 orang anak, guru bertindak sebagai informan pada kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara, observasi yang dilakukan saat pembelajaran berlangsung dan dokumentasi. Data yang dianalisis mengidentifikasi indiator data yang telah ada dicapai oleh masing-masing anak berdasarkan hasil observasi dari setiap pertemuan siklus pertama dan berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dalam pengembangan pembelajaran sains di Taman Kanak-kanak sejahtera sudah berkembang dengan baik. Sehingga memungkinkan anak untuk melakukan eksplorasi dan bereksperimen secara langsung sehingga secara langsung anak mampu memunculkan gagasan baru tentang apa yang diamati. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan metode eksperimen dalam kemampuan sains anak pada Taman kanak-kanak tersebut sangat baik dilakukan sehingga tujuan yang ingin dicapai oleh guru dalam pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 02:48 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 02:48 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26384 |
Actions (login required)
View Item |