PENERAPAN METODE BERMAIN BALOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI KELOMPOK B4TAMAN KANAK-KANAK TERATAI UNM KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

HAFSARI (2022) PENERAPAN METODE BERMAIN BALOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI KELOMPOK B4TAMAN KANAK-KANAK TERATAI UNM KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (21kB)
[img] Text
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (25kB)
[img] Text
4. PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (22kB)
[img] Text
6. MOTTO.docx

Download (13kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
8. PRAKATA.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
FORMAT OBSERVASI GURU LENGKAP.docx

Download (75kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (41kB)

Abstract

HAFSARI. 2014. Penerapan Metode Bermain Balok Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Berdasarkan Bentuk, Warna Dan Ukuran Di Kelompok B4 Taman Kanak-Kanak Teratai UNM Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi, Dibimbing oleh, Dra.Sri Sofiani, M.Pd dan Dr.Abdul Saman, M.Si,Kons. pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode bermain balok dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak berdasarkan bentuk, warna dan ukuran pada kelompok B4 di Taman Kanak-Kanak Teratai UNM? Yang bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bermain balok dalam meningkatkan kemampuan kogitif anak pada kelompok B4 di Taman Kanak-kanak Teratai UNM. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Fokus penelitian ini adalah penerapan bermain balok dan kemampuan kognitif anak. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan anak didik kelompok B Taman kanak-kanak UNM dengan jumlah 10 anak. Pelaksanaan tindakan terdiri dari dua siklus, tiap siklus dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan penerapan bermain balok maka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di B4 di Taman Kanak-kanak Teratai UNM Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Hal ini terlihat pada siklus 1 yang menandakan hasil observasi guru dalam mengajar belum meningkat dikarenakan masih kurang dalam menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan, kurang dalam memberikan contoh melakukan kegiatan penerapan bermain balok, kemudian kurang mengamati kegiatan yang dilakukan anak. Sedangkan hasil observasi anak tentang penerapan bermain balok anak belum meningkat, dikarenakan anak masih belum lancar saat melakukan kegiatan bermain balok, anak belum mampu menunjukkan, dan mengelompokkan benda berdasarkan tiga variasi. Pada siklus II ini menandakan hasil observasi guru dalam dalam mengajar sudah meningkat dikarenakan guru sudah memberikan contoh melakukan kegiatan bermain balok sehingga hasil observasi anak tentang penerapan bermain balok dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak menampakkan peningkatan, dikarenakan anak sudah lancar dalam melakukan kegiatan bermain balok. Anak sudah mampu menunjukkan dan mengelompokkan benda tanpa bantuan orang lain. Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu menunjukkan dan mengelompokkan benda berdasarkan tiga variasi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Dec 2022 03:15
Last Modified: 26 Dec 2022 03:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26303

Actions (login required)

View Item View Item