SITTI HASMAH (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI KEGIATAN CERITA GAMBAR SERI DI TAMAN KANAK-KANAKABA LEMO KECAMATAN KAJUARA KABUPATEN BONE.
Text
A 1 Sampul.docx Download (43kB) |
|
Text
A 2 Halaman Depan.docx Download (82kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (62kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (36kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (15kB) |
|
Text
Lampiran 1 Kisi Instrumen.docx Download (20kB) |
|
Text
Lampiran 2 Lembar Observasi Guru.docx Download (17kB) |
|
Text
Lampiran 3 Lembar Observasi Anak.docx Download (15kB) |
Abstract
SITTI HASMAH. 2015. Peningkatan kemampuan Bahasa Ekspresif anak melalui Kegiatan Cerita Gambar Seri di Taman Kanak-kanak ABA Lemo Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Hj. Bulkis Said, M.Si. dan Dr. Muhammad Akil Musi, S.Pd., M.Pd. pada Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui kegiatan cerita gambar seri di Taman Kanak-kanak ABA Lemo Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone? Yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui kegiatan cerita gambar seri di Taman Kanak-kanak ABA Lemo Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Fokus penelitin ini adalah kemampuan bahasa ekspresif anak dan kegiatan cerita gambar seri. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok A Taman Kanak-kanak ABA Lemo Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone yaitu 1 orang guru dan 12 orang anak didik. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penilitian menunjukkan bahwa pembentukan kemampuan bahasa ekspresif pada anak mengalami peningkatan, setelah di berikan pembelajaran dengan menggunakan cerita gambar seri hal tersebut terlihat Anak sudah mampu dalam mengembangkan kemampuan mengungkapkan kemampuan sikap pada orang lain dan kemampuan mengungkapkan fikiran atau gagasan secara verbal kepada orang lain yaitu pada siklus I kemampuan anak berada pada kategori cukup yaitu 58% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan 92% dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode bercerita dengan gambar seri dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 07:13 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 07:13 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26285 |
Actions (login required)
View Item |