PENERAPAN METODE BERMAIN KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B4 DI TAMAN KANAK-KANAK BANDAR MADANI PAREPARE

YUSNIAR (2022) PENERAPAN METODE BERMAIN KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B4 DI TAMAN KANAK-KANAK BANDAR MADANI PAREPARE.

[img] Text
Bagian Awal.docx

Download (78kB)
[img] Text
LAPORAN HASIL.docx

Download (135kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (45kB)
[img] Text
Instrumen.docx

Download (58kB)

Abstract

YUSNIAR, 2014, Penerapan Metode Bermain Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B4 di TK Bandar Madani Parepare. Skripsi Di bimbing Oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si dan Herman, S.Pd. M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah tentang Penerapan Metode Bermain Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B4 di TK Bandar Madani Parepare. Rumusan masalah yang dikaji yaitu Bagaimanakah Penerapan Metode Bermain Kartu Huruf dapat meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B4 di TK Bandar Madani Parepare ? Tujuan Penelitian untuk mengetahui Penerapan Metode Bermain Kartu Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B4 di TK Bandar Madani Parepare. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Setting Penelitian akan dilaksanakan di TK Bandar Madani yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun Ajaran 2014/2015, dan subyek penelitian adalah anak didik kelompok B4 yang berjumlah 15 orang, dan 1 orang guru. Tehnik dan prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif untuk menggambarkan penerapan metode bermain kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak pada siklus I pada kategori baik 7 anak dan kategori cukup 7 anak sedangkan kategori kurang 1 anak, berdasarkan hasil perbaikan pada siklus II mengalami peningkatan dilihat dari hasil data kemampuan membaca permulaan anak pada kategori baik 12 anak dan kategori cukup 3 anak. Berdasarkan Data hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa dengan membimbing setiap anak secara bergiliran untuk melihat kartu yang telah diperoleh memudahkan anak untuk membaca symbol huruf pada kartu huruf.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Dec 2022 01:57
Last Modified: 21 Dec 2022 01:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26221

Actions (login required)

View Item View Item