PENGARUH METODE KUBACA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK A DITAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA BULUKUMBA

A.NIDHA (2022) PENGARUH METODE KUBACA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK A DITAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA BULUKUMBA.

[img] Text
sAMPUL SKRIPSI.docx

Download (70kB)
[img] Text
Persetujuan Pembimbing.docx

Download (33kB)
[img] Text
A. daftar isi,prakata.docx

Download (45kB)
[img] Text
skripsi bab I-V.docx

Download (119kB)
[img] Text
I. lampiran instrumen Observasi.docx

Download (15kB)
[img] Text
J. lampiran Instrumen Observasi anak Pra dan post.docx

Download (21kB)
[img] Text
K. lampiran rubrik penilaian.docx

Download (21kB)
[img] Text
N. lampiran tabel wilcoxon.doc

Download (56kB)
[img] Text
G. dokumentasi.docx

Download (2MB)
[img] Text
P. RIWAYAT HIDUP.doc

Download (84kB)

Abstract

A.NIDHA, 2014. Pengaruh metode kubaca terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan anak kelompok A di TK Negeri Pembina. Skripsi dibimbing oleh pembimbing I Azizah Amal S.S M.Pd dan Pembimbing II DR Abdul Saman, M.Si Kons, Program Studi Pendidikan guru pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas ilmu pendidikan, Universitas negeri makassar. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: 1) bagaimanakah gambaran kemampuan membaca permulaan anak sebelum dan setelah menggunakan metode kubaca di kelompok A taman kanak-kanak Pembina?. 2) Apakah ada pengaruh metode kubaca terhadap kemampuan membaca permulaan pada kelompok A di Taman kanak-kanak Negeri Pembina?. Skripsi ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui gambaran dari membaca permulaan sebelum dan setelah menggunakan metode kubaca pada Taman kanak-kanak negeri Pembina Bulukumba, 2) untuk mengetahui pengaruh metode kubaca terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok A TK Negeri Pembina Bulukumba.adapun adapun manfaat penelitian itu dibagi atas:1) manfaat Teoritis dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian pre eksperimen design. adapun disain penelitiannya yaitu pretest dan posttest one group design dengan jumlah subjek penelitian 10. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik observasi yang meliputi observasi pre test dan post test, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif menggunakan persentase dan teknik analisis inferensial menggunakan ujisignal rank test. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa metode kubacaberpengaruh terhadap peningkatan kemampuan mebaca permulaan anak kelompok A di TK negeri Pembina Bulukumba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai membaca permulaananak pada posttest lebih tinggi dari nilaipretest. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji beda wilcoxon sign rank test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara peningkatan kemampuan membaca permulaan anak kelompok A di TK negeri Pembina menggunakan metode kubaca.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Dec 2022 01:20
Last Modified: 20 Dec 2022 01:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26184

Actions (login required)

View Item View Item