KEMAMPUAN ANAK MENGENAL KOSA KATA MELALUI PERMAINAN KATA PADA KELOMPOK BERMAIN AL-ABRARKOTA MAKASSAR

NURMADIANA (2022) KEMAMPUAN ANAK MENGENAL KOSA KATA MELALUI PERMAINAN KATA PADA KELOMPOK BERMAIN AL-ABRARKOTA MAKASSAR.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL.doc

Download (153kB)
[img] Text
persetujuan pembimbing.docx

Download (44kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN dhya.docx

Download (15kB)
[img] Text
MOTTO dhya.doc

Download (26kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (35kB)
[img] Text
PRAKATA.dhya.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (21kB)
[img] Text
penelitian dhya.docx

Download (92kB)
[img] Text
Lampira1.docx

Download (55kB)

Abstract

NURMADIANA, 2014. Kemampuan Mengenal Kosa Kata Melalui Permainan Kata Pada Kelompok Bermain Al-Abrar Kota Makassar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Dr. H. Syamsul Bakhri Gaffar, M. Si. dan Rusmayadi, S. Pd. M. Pd.) Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan mengenal kosa kata melalui permainan kata pada kelompok bermain Al-Abrar Kota Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis tindakan kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelompok bermain Al-Abrar Kota Makassar yang berjumlah 8 anak didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik observasi dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis melalui teknik reduksi data, kemudian mendisplay data, dan akhirnya menarik kesimpulan. Hasil penelitian tentang kemampuan mengenal kosa kata anak didik kelompok bermain Al-Abrar Kota Makassar, dengan menggunakan teknik permainan kata, pada siklus I menunjukkan bahwa kemampuan mengenal kosa kata anak didik dianggap masih kurang, khususnya pada kemampuan mengenali kata, mengenali huruf, membedakan huruf kapital dan huruf kecil, membedakan bunyi dan nama huruf, serta kurang mampu menyebutkan alphabet. Pada siklus II menunjukkan bahwa kemampuan anak didik kelompok bermain Al-Abrar mengenal kosa kata mengalami peningkatan yang sangat signifikan secara keseluruhan dengan menggunakan teknik permainan kata pada pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknik permainan kata diyakini dapat meningkatkan kemampuan anak didik dalam mengenal kosa kata, khususnya pada kelompok bermain Al-Abrar Kota Makassar apabila dilakukan secara efektif. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar tenaga pendidik lebih mengarahkan anak menggunakan tekhnik permainan kata agar pengenalan kosa kata anak bertambah atau meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Dec 2022 01:14
Last Modified: 12 Dec 2022 01:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26036

Actions (login required)

View Item View Item