PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK PADA ANAKDI TAMAN KANAK-KANAK KRISTEN ELIM TAMALANREA MAKASSAR

YOHANA (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK PADA ANAKDI TAMAN KANAK-KANAK KRISTEN ELIM TAMALANREA MAKASSAR.

[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (86kB)
[img] Text
Bab 1.docx

Download (21kB)
[img] Text
Bab 2.docx

Download (42kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (17kB)
[img] Text
Kisi-Kisi Instrumen.docx

Download (23kB)
[img] Text
Lampiran-Lampiran.docx

Download (33kB)
[img] Text
RKH.docx

Download (37kB)
[img] Text
Lampiran Foto.docx

Download (1MB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (35kB)

Abstract

Yohana, 2014. Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna melalui Kegiatan Bermain Balok pada Anak di Taman Kanak-Kanak Kristen Elim Tamalanrea Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Muh. Akil Musi, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan mengenal warna anak melalui kegiatan bermain balok di Taman Kanak-Kanak Kristen Elim Tamalanrea Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal warna anak melalui kegiatan bermain balok di Taman Kanak-Kanak Kristen Elim Tamalanrea Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri 4 komponen dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah kemampuan mengenal warna dan bermain balok. Penelitian ini dilaksanakan atas 2 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru serta anak kelompok B1 yang terdiri atas 14 anak didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap penyelidikan, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai pada siklus I anak belum mampu membedakan warna merah, kuning, dan orange dengan baik, serta tidak mampu menunjukkan benda-benda berwarna merah, hijau, dan biru. Hal ini disebabkan guru tidak membimbing anak secara individu agar setiap anak dapat mengenal warna balok yang digunakan. Pada siklus II, guru telah membimbing anak dalam menyebutkan dan menunjukkan warna balok sehingga kemampuan anak mengalami peningkatan dimana anak mampu membedakan warna merah, kuning, dan orange dengan baik, serta mampu menunjukkan benda-benda berwarna merah, hijau, dan biru. Sebagai kesimpulan, kegiatan bermain balok dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna anak di Taman Kanak-Kanak Kristen Elim Tamalanrea Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Dec 2022 07:13
Last Modified: 06 Dec 2022 07:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26016

Actions (login required)

View Item View Item