MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA LANGSUNG PADA ANAKTAMAN KANAK-KANAK ANDIYA KOTA MAKASSAR

ANDI MEGAWATI P (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA LANGSUNG PADA ANAKTAMAN KANAK-KANAK ANDIYA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul.docx

Download (36kB)
[img] Text
i,ii,iii,iv,v..................docx

Download (99kB)
[img] Text
SkripsixAme.docx

Download (142kB)
[img] Text
Lampiran Observasi.docx

Download (58kB)
[img] Text
Penilaian anak.docx

Download (20kB)
[img] Text
RKH.docx

Download (34kB)
[img] Text
Dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
Riwayat hidup.docx

Download (16kB)

Abstract

ANDI MEGAWATI P. 2014. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Bilangan Melalui Penggunaan Alat Peraga Langsung Pada Anak Taman Kanak-Kanak Andiya Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini M.Pd. dan Arifin Manggau S.Pd. M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan melalui penggunaan alat peraga langsung pada anak Taman Kanak-Kanak Andiya Kota Makassar?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan melalui penggunaan alat peraga langsung pada anak Taman Kanak-Kanak Andiya Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah satu orang guru dan 15 anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Andiya Kota Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengelompokkan data guru dan anak dalam proses pembelajaran dianalisis berdasarkan kemunculan indikator. Sedangkan data mengenai pemahaman konsep bilangan. Hasil penilaian kemampuan pemahaman konsep bilangan melalui penggunaan alat peraga langsung pada anak siklus I dan II (data kuantitatif) dianalisis secara deskriptif, dalam hal ini peneliti menggunakan analisis deskriptif untuk mencari persentase keberhasilan pemahaman konsep bilangan. Dan hasilnya dari penelitian menunjukkan bahwa observasi kemampuan pemahaman konsep bilangan anak pada siklus I yang berada pada kategori cukup sedangkan siklus II mengalami peningkatan berada pada kategori sangat baik, antara lain, membilang dengan menunjuk benda 1-20, dan membuat urutan bilangan 1-20 dengan benda. Jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep bilangan melalui penggunaan alat peraga langsung pada anak Taman Kanak-Kanak Andiya Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:40
Last Modified: 06 Dec 2022 03:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26005

Actions (login required)

View Item View Item