PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE PADA ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK ANDIYA KOTA MAKASSAR

GEORGINA GIVEN (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE PADA ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK ANDIYA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
0. Sampul Depan.docx

Download (13kB)
[img] Text
i - xi.docx

Download (29kB)
[img] Text
xii - xiv.docx

Download (18kB)
[img] Text
1-6 Bab 1.docx

Download (21kB)
[img] Text
7-26 Bab II.docx

Download (40kB)
[img] Text
94-96 Daftar Pustaka.docx

Download (17kB)
[img] Text
1. Kisi-kisi Instrumen Penelitian.docx

Download (17kB)
[img] Text
2. Pedoman Observasi Kemampuan MH Anak.docx

Download (16kB)
[img] Text
4. Pedoman Observasi Respon Anak selama Pembelajaran.docx

Download (18kB)
[img] Text
8. Dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
9. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (50kB)

Abstract

GEORGINA GIVEN. 2014. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase pada Anak Kelompok A di Taman Kanak-kanak Andiya Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Azizah Amal, S.S., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan motorik halus anak kelompok A Taman Kanak-kanak Andiya Kota Makassar dapat meningkat melalui kegiatan kolase. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase di kelompok A Taman Kanak-kanak Andiya Kota Makassar. Rancangan penelitan yang digunakan dalam penelitian adalah rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini berbentuk siklus atau berdaur ulang. Setiap siklus akan dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Apabila pada siklus pertama belum mencapai indikator keberhasilan maka akan dilanjutkan ke siklus berikutnya. Fokus dalam penelitian ini adalah Kegiatan Kolase dan Kemampuan Motorik Halus Anak. Setting dan subjek penelitian adalah Anak Kelompok A dengan jumlah 12 orang anak dan 1 orang guru. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data dan informasi yang terkumpul diolah dan dianalisis secara kualitatif disajikan dalam bentuk table dan uraian. Hasil identifikasi yang diperoleh dari penelitian yaitu kemampuan motorik halus pada anak kelompok A di taman kanak-kanak Andiya dapat meningkat melalui kegiatan kolase yang dilakukan. Pada siklus I diperoleh hasil penelitian bahwa terjadi peningkatan kemampuan motorik halus pada anak tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Sedangkan hasil penelitian pada siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan motorik halus pada anak telah mencapai indikator keberhasilan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan kolase kemampuan motorik halus anak kelompok A Taman Kanak-kanak Andiya Kota Makassar mengalami peningkatan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:31
Last Modified: 06 Dec 2022 03:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26003

Actions (login required)

View Item View Item