Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Bermain Dadu Geometri di Taman Kanak-kanak Al Fatihah Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

Indah Nurfaidah Ainuddin, (2022) Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Bermain Dadu Geometri di Taman Kanak-kanak Al Fatihah Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

[img] Text
surat pernyataan keaslian skripsi.docx

Download (15kB)
[img] Text
MOTTO indah.docx

Download (15kB)
[img] Text
ABSTRAK indah yang baru 1.docx

Download (16kB)
[img] Text
Prakata indah terbaru 1.docx

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (16kB)
[img] Text
skripsi terbaru banget.doc

Download (388kB)
[img] Text
Lampiran 3.docx

Download (43kB)
[img] Text
Lampiran 7 indah baru.docx

Download (25kB)
[img] Text
RKH.docx

Download (10kB)
[img] Text
RUBRIK PENILAIAN indah.docx

Download (15kB)

Abstract

Indah Nurfaidah Ainuddin, 2014. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Bermain Dadu Geometri di Taman Kanak-kanak Al Fatihah Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si., dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd., Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan berhitung melalui bermain dadu geometri di taman kanak-kanak al fatihah kecamatan biringkanaya kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permainan dadu geometri dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-kanak Al Fatihah Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan desain kualitatif dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah Penggunaan permainan dadu geometri dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-kanak Al Fatihah Kecamatan Biringkanaya kota Makassar. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok A, sebanyak 10 anak dan guru satu orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Data diolah dengan analisis kualitatif guna mendeskripsikan hasil penelitian yang diperoleh. Hasil peneltian yaitu pada siklus I pelaksanaan I dan II, terlihat ada 3 anak penilaian baik dalam kemampuan membilang banyaknya benda 1-10, ada 3 orang anak mengenal konsep banyak-sedikit, sama jumlahnya dan tidak menggunakan dadu geometri. Dan pada siklus II pelaksanaan I dan II ada 9 anak penilaian baik dalam kemampuan membilang banyaknya benda, mengenal konsep banyak,sedikit, sama jumlahnya dan tidak dan menyebutkan hasil penambahan (menggabungkan 2 kumpulan benda). Kesimpulan yaitu bahwa dari hasil penelitian menunjukkan kemampuan berhitung pada anak mengalami peningkatan melalui bermain dadu geometri di taman kanak-kanak Al fatihah kecamatan biringkanya kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:29
Last Modified: 05 Dec 2022 02:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25957

Actions (login required)

View Item View Item