MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI TAMAN KANAK-KANAK BHAYANGKARI PANAIKANG MAKASSAR

WISDA MALIYA (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI TAMAN KANAK-KANAK BHAYANGKARI PANAIKANG MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL 1.docx

Download (21kB)
[img] Text
halaman depan.docx

Download (64kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (27kB)
[img] Text
instrumen aktivitas anak.docx

Download (49kB)
[img] Text
lembar observasi.docx

Download (37kB)
[img] Text
RKH SKRIPSI.docx

Download (43kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)

Abstract

WISDA MALIYA. 2013. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Finger Painting di Taman Kanak-kanak Bhayangkari Panaikang Makassar. Skripsi. Pembimbing Drs. H. Muhammad Anas, M.Si dan Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan motorik halus anak.. Rumusan masalah adalah bagaimana peningkatan motorik halus anak melalui kegiatan finger painting di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari Panaikang Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan finger painting di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari Panaikang Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian adalah 1) Penggunaan finger painting. 2)Meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan sebanyak 11 anak TK Bhayangkari Panaikang Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisa data menggunakan analisa kualitatif. Hasil penelitian yaitu siklus I aktivitas mengajar guru kategori cukup dan aktivitas belajar anak kategori cukup dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan aktivitas belajar anak meningkatkan menjadi kategori baik karena semua langkah-langkah kegiatan finger painting terlaksana dan kemampuan motorik halus anak juga berkembang. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan finger painting di TK Bhayangkari Panaikang Makassar meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Dec 2022 07:13
Last Modified: 01 Dec 2022 07:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25890

Actions (login required)

View Item View Item