WISDA MALIYA (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI TAMAN KANAK-KANAK BHAYANGKARI PANAIKANG MAKASSAR.
Text
SAMPUL 1.docx Download (21kB) |
|
Text
halaman depan.docx Download (64kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (21kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (31kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (22kB) |
|
Text
Lampiran.docx Download (27kB) |
|
Text
instrumen aktivitas anak.docx Download (49kB) |
|
Text
lembar observasi.docx Download (37kB) |
|
Text
RKH SKRIPSI.docx Download (43kB) |
|
Text
DOKUMENTASI.docx Download (1MB) |
Abstract
WISDA MALIYA. 2013. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Finger Painting di Taman Kanak-kanak Bhayangkari Panaikang Makassar. Skripsi. Pembimbing Drs. H. Muhammad Anas, M.Si dan Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan motorik halus anak.. Rumusan masalah adalah bagaimana peningkatan motorik halus anak melalui kegiatan finger painting di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari Panaikang Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan finger painting di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari Panaikang Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian adalah 1) Penggunaan finger painting. 2)Meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan sebanyak 11 anak TK Bhayangkari Panaikang Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisa data menggunakan analisa kualitatif. Hasil penelitian yaitu siklus I aktivitas mengajar guru kategori cukup dan aktivitas belajar anak kategori cukup dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan aktivitas belajar anak meningkatkan menjadi kategori baik karena semua langkah-langkah kegiatan finger painting terlaksana dan kemampuan motorik halus anak juga berkembang. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan finger painting di TK Bhayangkari Panaikang Makassar meningkat.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 07:13 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 07:13 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25890 |
Actions (login required)
View Item |