MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK MELALUI KEGIATAN MEWARNAI GAMBAR DI TAMANKANAK-KANAK MINASA UPA KOTA MAKASSAR

Nurul Faizin (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK MELALUI KEGIATAN MEWARNAI GAMBAR DI TAMANKANAK-KANAK MINASA UPA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (73kB)
[img] Text
Bab 1.docx

Download (31kB)
[img] Text
Bab 2.docx

Download (41kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (18kB)
[img] Text
Lampiran-Lampiran.docx

Download (47kB)
[img] Text
RKH Yuyun.docx

Download (570kB)
[img] Text
Lampiran - Dokumentasi.docx

Download (758kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (142kB)

Abstract

Nurul Faizin, 2013. Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Anak melalui Kegiatan Mewarnai Gambar di Taman Kanak-Kanak Minasa Upa Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Drs. M. Anas Malik, M.Si dan Azizah Amal, S.S, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana peningkatan kemampuan menulis anak melalui kegiatan mewarnai gambar di Taman Kanak-Kanak Minasa Upa Kota Makassar?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis anak melalui kegiatan mewarnai gambar di Taman Kanak-Kanak Minasa Upa Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri 4 komponen dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah kegiatan mewarnai gambar dan kemampuan menulis. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus, siklus I dilaksanakan 2 pertemuan dan siklus II dilaksanakan 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan anak kelompok B1 berjumlah 15 anak didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap penyelidikan, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai pada siklus I, kemampuan menulis anak belum meningkat. Hal ini disebabkan pelaksanaan kegiatan mewarnai gambar belum sepenuhnya berjalan dengan baik dimana guru kurang membimbing anak dalam menggunakan pensil/krayon sehingga anak masih kaku dalam menggunakan alat tulis. Pada siklus II, kemampuan menulis anak meningkat. Dalam pelaksanaan kegiatan mewarnai gambar, guru telah membimbing anak dalam menggunakan pensil/krayon serta memberi contoh mewarnai gambar yang benar. Anak mampu menggunakan pensil dengan baik sehingga anak mampu menuliskan nama dan nomor pada gambar yang diwarnai. Sebagai kesimpulan, kegiatan mewarnai gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis anak di Taman Kanak-Kanak Minasa Upa Kota Makassar. Karena itu, kegiatan mewarnai gambar direkomendasikan untuk dijadikan alternatif tindakan dalam meningkatkan kemampuan menulis anak di Taman Kanak-Kanak Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Nov 2022 02:34
Last Modified: 30 Nov 2022 02:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25837

Actions (login required)

View Item View Item