MENGEMBANGKAN PERILAKU SOSIAL ANAK MELALUI PENERAPAN METODE PROYEK DI KELOMPOK BERMAIN ANAK NABIGH KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG

HUMAERAA (2022) MENGEMBANGKAN PERILAKU SOSIAL ANAK MELALUI PENERAPAN METODE PROYEK DI KELOMPOK BERMAIN ANAK NABIGH KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI FIX.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAGIAN AWAL SKRIPSI ELA fix.docx

Download (60kB)
[img] Text
ISI SKRIPSI ELA fix.docx

Download (115kB)
[img] Text
Lampiran 2 kisi instrumen.docx

Download (20kB)
[img] Text
Lampiran 3. lmbr observasi guru FIX.docx

Download (33kB)
[img] Text
Lampiran 4. lembar observasi anak.docx

Download (38kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN ELA.docx

Download (36kB)
[img] Text
lampiran dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP ela.docx

Download (36kB)

Abstract

Humaeraa. 2013. Mengembangkan Perilaku Sosial Anak Malalui Penerapan Metode Proyek Di Kelompok Bermain Anak Nabigh Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng, Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Sri Sofiani, M.Pd dan Rusmayadi, S.Pd, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode proyek dalam mengembangkan perilaku sosial anak di Kelompok Bermain Anak Nabigh Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan metode proyek dalam mengembangkan perilaku sosial anak di Kelompok Bermain Anak Nabigh Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan jenis pendekatan kualitatif yang dilaksanakan 2 siklus, masing-masing siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun hasil aktivitas guru terhadap perkembangan perilaku sosial anak dalam pelaksanaan Siklus I yaitu perilaku sosial anak belum banyak menunjukkan perubahan karena masih sebagian besar anak didik belum mampu kompak dengan teman kelompoknya. Demikian pula dengan guru belum maksimal dalam menerapkan langkah-langkah metode proyek. Melihat kekurangan-kekurangan yang ada serta kemampuan anak pada tindakan siklus I, maka penelitian ini dilanjutkan pada siklus II. Berdasarkan hasil observasi pada tindakan Siklus II, kegiatan guru dan perkembangan perilaku sosial anak meningkat, dimana kekurangan yang terjadi pada siklus I sudah dapat diperbaiki. Guru dapat dengan maksimal menerapkan semua langkah-langkah metode proyek dalam proses pembelajaran, begitu pula dengan anak-anak perilaku sosialnya semakin meningkat hanya ada dua orang anak yang perilaku sosialnya masih dalam kategori cukup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan langkah-langkah metode proyek dapat mengembangkan perilaku sosial anak di Kelompok Bermain Anak Nabigh dalam hal bekerjasama, kekompakan dan partisipasi dengan teman.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Nov 2022 02:19
Last Modified: 30 Nov 2022 02:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25836

Actions (login required)

View Item View Item