PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PENGGUNAAN KARTU HURUF DENGAN PAPAN FLANEL DI TAMAN KANAK-KANAK ANNISA DHARMA WANITA KABUPATEN MAJENE

HANIANTI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PENGGUNAAN KARTU HURUF DENGAN PAPAN FLANEL DI TAMAN KANAK-KANAK ANNISA DHARMA WANITA KABUPATEN MAJENE.

[img] Text
Sampul.docx

Download (55kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.docx

Download (109kB)
[img] Text
BAB I - V.docx

Download (198kB)
[img] Text
KISI-KISI INSTRUMEN.docx

Download (21kB)
[img] Text
LEMBAR OBSERVASI ANAK.docx

Download (29kB)
[img] Text
LEMBAR OBSERVASI GURU.docx

Download (38kB)
[img] Text
RKH.docx

Download (37kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (3MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (12kB)

Abstract

HANIANTI. 2013. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Penggunaan Kartu Huruf Dengan Papan Flanel Di Taman Kanak-Kanak Annisa Dharma Wanita Kabupaten Majene. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Pd dan Azizah Amal, S.S, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan mengenal huruf anak akan meningkat melalui penggunaan kartu huruf dengan papan flanel di Taman Kanak-Kanak Annisa Dharma Wanita Kabupaten Majene. Tujuan penelitian untuk memberikan gambaran tentang peningkatan kemampuan mengenal huruf anak melalui penggunaan kartu huruf dengan papan flanel di Taman Kanak-Kanak Annisa Dharma Wanita Kabupaten Majene. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Setting penelitian dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Annisa Dharma Wanita Kabupaten Majene. Taman Kanak-Kanak ini beralamat di Jl. Andi Tenno Haera Kabupaten Majene dengan subyek penelitiannya yaitu 1 orang guru dan 16 orang anak kelompok B. Rancangan tindakan yang diberikan berupa peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui penggunaan kartu huruf dengan papan flanel di taman kanak-kanak yang dilaksanakan selama 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dimana masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengambilan data melalui observasi dan dokumentasi kemudian analisis datanya diolah secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I perencanaan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Tahap pelaksanaan tindakan masih terdapat kekurangan dan kelemahan baik dari anak didik maupun dari guru. Tahap observasi masih terdapat kekurangan dan kelemahan antara lain masih ada anak didik yang masuk kategori kurang. Dengan demikian pelaksanaan pembelajaran 1 dan 2 pada siklus I belum dapat dikatakan berhasil, sehingga harus dilaksanakan siklus II. Adapun pada siklus II perencanaan dan pelaksanaan sudah baik.. Peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui penggunaan kartu huruf dengan papan flanel ditemukan bahwa anak didik sudah masuk kategori baik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Nov 2022 00:59
Last Modified: 30 Nov 2022 00:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25830

Actions (login required)

View Item View Item