HUSRIAH (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI PENERAPAN KEGIATAN BERMAIN KARTU ANGKA PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BATU SAMBUA KABUPATEN MAJENE.
Text
smpul ku.docx Download (55kB) |
|
Text
BAB I-III.docx Download (71kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAK1.docx Download (15kB) |
|
Text
RKH I.docx Download (60kB) |
|
Text
RKH II.docx Download (60kB) |
|
Text
Siklus I.docx Download (41kB) |
|
Text
Siklus II.docx Download (41kB) |
|
Text
DOKUMENTASI PENELITIAN BUSRIAH.docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (66kB) |
Abstract
Husriah, 2013. Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Penerapan Kegiatan Bermain Kartu Angka Pada Anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Batu Sambua Kabupaten Majene. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Rusmayadi, S.Pd.M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengenal angka di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Batu Sambua Kabupaten Majene. Rumusan masalah adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan mengenal angka melalui penerapan kegiatan bermain kartu angka pada anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Batu Sambua Kabupaten Majene?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal angka melalui penerapan kegiatan bermain kartu angka pada anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Batu Sambua Kabupaten Majene. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah 1) Kemampuan mengenal angka dan 2) Bermain kartu angka. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 15 anak kelompok A TK Aisyiyah Batu Sambua Kabupaten Majene. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengenal angka di Aisyiyah Batu Sambua Kabupaten Majene. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus pembelajaran, siklus I aktivitas mengajar guru kategori cukup dan aktivitas belajar anak kategori cukup dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan belajar anak meningkatkan menjadi kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan mengenal angka melalui penerapan kegiatan bermain kartu angka pada anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Batu Sambua Kabupaten Majene dapat ditingkatkan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 00:47 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 00:47 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25828 |
Actions (login required)
View Item |