PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI PENERAPAN KEGIATAN BERMAIN KARTU ANGKA PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BATU SAMBUA KABUPATEN MAJENE

HUSRIAH (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI PENERAPAN KEGIATAN BERMAIN KARTU ANGKA PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BATU SAMBUA KABUPATEN MAJENE.

[img] Text
smpul ku.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB I-III.docx

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK1.docx

Download (15kB)
[img] Text
RKH I.docx

Download (60kB)
[img] Text
RKH II.docx

Download (60kB)
[img] Text
Siklus I.docx

Download (41kB)
[img] Text
Siklus II.docx

Download (41kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN BUSRIAH.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (66kB)

Abstract

Husriah, 2013. Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Penerapan Kegiatan Bermain Kartu Angka Pada Anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Batu Sambua Kabupaten Majene. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Rusmayadi, S.Pd.M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengenal angka di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Batu Sambua Kabupaten Majene. Rumusan masalah adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan mengenal angka melalui penerapan kegiatan bermain kartu angka pada anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Batu Sambua Kabupaten Majene?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal angka melalui penerapan kegiatan bermain kartu angka pada anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Batu Sambua Kabupaten Majene. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah 1) Kemampuan mengenal angka dan 2) Bermain kartu angka. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 15 anak kelompok A TK Aisyiyah Batu Sambua Kabupaten Majene. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengenal angka di Aisyiyah Batu Sambua Kabupaten Majene. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus pembelajaran, siklus I aktivitas mengajar guru kategori cukup dan aktivitas belajar anak kategori cukup dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan belajar anak meningkatkan menjadi kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan mengenal angka melalui penerapan kegiatan bermain kartu angka pada anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Batu Sambua Kabupaten Majene dapat ditingkatkan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Nov 2022 00:47
Last Modified: 30 Nov 2022 00:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25828

Actions (login required)

View Item View Item