PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI PERMAINAN LINGKARAN KATA DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SIDOBINANGUN KECAMATAN BONE-BONE KABUPATEN LUWU UTARA

RAHMANI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI PERMAINAN LINGKARAN KATA DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SIDOBINANGUN KECAMATAN BONE-BONE KABUPATEN LUWU UTARA.

[img] Text
2. Sampul Utama Rahmani.docx

Download (40kB)
[img] Text
3. lembar persetujuan pembimbing & Pengesahan Rahmani.docx

Download (1MB)
[img] Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI Rahmani.docx

Download (12kB)
[img] Text
6. Motto dan Prakata Rahmani.docx

Download (18kB)
[img] Text
5. ABSTRAK Rahmani.docx

Download (20kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI Rahmani.docx

Download (24kB)
[img] Text
8. Daftar Tabel, Gambar, Lampiran Rahmani.docx

Download (15kB)
[img] Text
9. Skripsi Rahmani Bab I Sampai Bab V.docx

Download (267kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN B dan C.docx

Download (13kB)
[img] Text
12. Kisi-Kisi Instrumen, Lembar Observasi Anak dan Lembar O.docx

Download (27kB)
[img] Text
13. Rekapitulasi Siklus I dan II.docx

Download (18kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (3MB)
[img] Text
17. RIWAYAT HIDUP Rahmani.docx

Download (37kB)

Abstract

Rahmani. 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Melalui Permainan Lingkaran Kata di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Sidobinangun Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara. Skripsi Ini dibimbing oleh Drs. Firdaus Hasan, M. Si dan Azizah Amal, S.S, M. Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan permainan lingkaran kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Sidobinangun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan permainan lingkaran kata dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Sidobinangun. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau status fenomena. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Researsch) dengan tahapan-tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi yang dilakukan secara berulang. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Sidobinangun kelas B yang berjumlah 19 orang dan 1 orang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan triangulasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan lingkaran kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak didik di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Sidobinangun. Hal ini terlihat dari peningkatan kemampuan membaca permulaan anak pada tiap siklus. Kemampuan yang ditingkatkan pada membaca permulaan adalah membaca gambar yang memiliki kata sederhana dan menghubungkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya. Kegiatan dilakukan pada saat anak menghubungkan dan menyebutkan huruf nama binatang dengan gambar binatang pada permainan lingkaran kata serta membaca nama binatang yang ada pada kartu kata.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Nov 2022 01:16
Last Modified: 28 Nov 2022 01:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25759

Actions (login required)

View Item View Item