RAHMANI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI PERMAINAN LINGKARAN KATA DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SIDOBINANGUN KECAMATAN BONE-BONE KABUPATEN LUWU UTARA.
Text
2. Sampul Utama Rahmani.docx Download (40kB) |
|
Text
3. lembar persetujuan pembimbing & Pengesahan Rahmani.docx Download (1MB) |
|
Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI Rahmani.docx Download (12kB) |
|
Text
6. Motto dan Prakata Rahmani.docx Download (18kB) |
|
Text
5. ABSTRAK Rahmani.docx Download (20kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI Rahmani.docx Download (24kB) |
|
Text
8. Daftar Tabel, Gambar, Lampiran Rahmani.docx Download (15kB) |
|
Text
9. Skripsi Rahmani Bab I Sampai Bab V.docx Download (267kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN B dan C.docx Download (13kB) |
|
Text
12. Kisi-Kisi Instrumen, Lembar Observasi Anak dan Lembar O.docx Download (27kB) |
|
Text
13. Rekapitulasi Siklus I dan II.docx Download (18kB) |
|
Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx Download (3MB) |
|
Text
17. RIWAYAT HIDUP Rahmani.docx Download (37kB) |
Abstract
Rahmani. 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Melalui Permainan Lingkaran Kata di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Sidobinangun Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara. Skripsi Ini dibimbing oleh Drs. Firdaus Hasan, M. Si dan Azizah Amal, S.S, M. Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan permainan lingkaran kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Sidobinangun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan permainan lingkaran kata dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Sidobinangun. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau status fenomena. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Researsch) dengan tahapan-tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi yang dilakukan secara berulang. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Sidobinangun kelas B yang berjumlah 19 orang dan 1 orang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan triangulasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan lingkaran kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak didik di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Sidobinangun. Hal ini terlihat dari peningkatan kemampuan membaca permulaan anak pada tiap siklus. Kemampuan yang ditingkatkan pada membaca permulaan adalah membaca gambar yang memiliki kata sederhana dan menghubungkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya. Kegiatan dilakukan pada saat anak menghubungkan dan menyebutkan huruf nama binatang dengan gambar binatang pada permainan lingkaran kata serta membaca nama binatang yang ada pada kartu kata.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 01:16 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 01:16 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25759 |
Actions (login required)
View Item |