PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK ANDIYA MAKASSAR

TITIEN SUMARNI (2022) PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK ANDIYA MAKASSAR.

[img] Text
sampul skripsi.docx

Download (81kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (13kB)
[img] Text
kisi.docx

Download (48kB)
[img] Text
kisi.docx

Download (48kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (40kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (16kB)

Abstract

TITIEN SUMARNI. 2012. Penerapan metode bercerita dengan menggunakan buku cerita bergambar dalam mengembangkan kemampuan menyimak anak di taman kanak-kanak andiya makassar. Skripsi. Di bimbing oleh Dra. Hj. Sumartini,M.Pd dan Azizah Amal,S.S,M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah perkembangkan kemampuan menyimak anak di Taman kanak-kanak Andiya Makassar. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu bagaimanakah penerapan metode bercerita dengan menggunakan buku cerita bergambar dapat mengembangkan kemampuan menyimak anak di Taman kanak-kanak Andiya Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kemampuan menyimak anak di Taman Kanak-Kanak Andiya Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif. Fokus penelitian ini adalah pengembangan kemampuan menyimak anak. Sedangkan yang menjadi subyek penelitian adalah 1 orang guru ditambah anak TK Andiya Makassar kelompok B2, sebanyak 10 orang. Pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang di gunakan adalah analisis data kualitatif melalui proses reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.validasi data penelitian dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil yang di peroleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan metode bercerita dengan menggunakan buku cerita bergambar di Taman Kanak-Kanak Andiya Makassar membuat anak mampu bercerita secara utuh atau sempurna tentang suatu cerita. Hal tersebut sesuai dengan indikator kemampuan menyimak yaitu mendengarkan dan menceritakan kembali cerita secara urut. Dan melanjutkan cerita atau dongeng yang telah didengar sebelumnya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Nov 2022 01:55
Last Modified: 25 Nov 2022 01:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25731

Actions (login required)

View Item View Item