PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEMANDIRIAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK ANDIYA KOTA MAKASSAR

Iftitah (2022) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEMANDIRIAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK ANDIYA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.doc

Download (51kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (11kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (23kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (20kB)
[img] Text
HASIL PENELITIAN.docx

Download (123kB)
[img] Text
KISI INSTRUMEN.docx

Download (17kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1.docx

Download (30kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN SIAP.docx

Download (33kB)
[img] Text
Dokumentasi.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (39kB)

Abstract

Iftitah, 2012. Penerapan Metode Pembelajaran Partisipatif dalam Meningkatkan Perilaku Kemandirian Anak di Taman Kanak-kanak Andiya Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. HJ. Bulkis Said, M.Si dan Arifin Manggau S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini bagaimanakah metode pembelajaran partisipatif dapat meningkatkan perilaku kemandirian anak di Taman Kanak-kanak Andiya Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan perilaku kemandirian anak melalui metode pembelajaran partisipatif. Hipotesis penelitian ini yaitu jika metode pembelajaran partisipatif diterapkan maka dapat meningkatkan perilaku kemandirian pada anak di Taman Kanak-kanak Andiya Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif untuk menggambarkan keadaan atau suatu fenomena. Dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas untuk mengamati peningkatan perilaku kemandirian anak melalui metode pembelajaran partisipatif. Fokus penelitian adalah metode pembelajaran partisipatif dan perilaku kemandirian anak. Setting dan subjek penelitian dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Andiya Kota Makassar yang berjumlah 10 orang anak dan 1 orang guru. Dengan prosedur dan desain penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan secara bertahap dan berulang dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentsi. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan perilaku kemandirian anak dari siklus I kategori baik, cukup, kurang ke siklus II kategori baik dan cukup. Dengan demikian perilaku kemandirian anak mengalami peningkatan di Taman Kanak-kanak Andiya Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Nov 2022 01:18
Last Modified: 25 Nov 2022 01:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25726

Actions (login required)

View Item View Item