Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Samaturue Kabupaten Soppeng

WIDYASTUTI. (2022) Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Samaturue Kabupaten Soppeng.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (19kB)
[img] Text
persetujuan.docx

Download (23kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (17kB)
[img] Text
motto.docx

Download (15kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (26kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.docx

Download (23kB)
[img] Text
SKRIPSI WIDYA.docx

Download (108kB)
[img] Text
KISI.docx

Download (20kB)
[img] Text
LEMBAR OBSERVASI GURU SIKLUS I.docx

Download (17kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP widya.docx

Download (61kB)

Abstract

WIDYASTUTI. 2012. “Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Samaturue Kabupaten Soppeng”. Dibimbing oleh Ibu Dra. Kartini Marzuki, M.Si. Pembimbing I dan Ibu Azisah Amal, S.S,M.Pd Pembimbing II Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengankat masalah Bagaimanakah penerapan metode bercerita dalam peningkatan kemampuan berbahasa lisan anak di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Samaturue Kabupaten Soppeng? Tujuan Penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa lisan anak melalui penerapan metode bercerita. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 2 siklus, siklus I terdiri 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah 8 orang anak didik dan 1 orang guru Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Samaturue Kabupaten Soppeng. Teknik analisis data yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Jenis Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang disusun dengan satuan Siklus secara berdaur ulang yang meliputi Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Metode Bercerita Dapat Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Samaturue Kabupaten Soppeng yaitu (1) Anak berani bertanya secara sederhana, (2) Anak mampu bercerita tentang gambar yang disediakan atau dibuat sendiri, (3) Anak mampu menceritakan pengalaman atau kejadian secara sederhana.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2022 03:08
Last Modified: 16 Nov 2022 03:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25468

Actions (login required)

View Item View Item