PENERAPAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN GAMBAR SERI DALAM MENINGKATKAN BAHASA LISAN ANAK DI TKKRISTEN PELITA KASIH MAKASSAR

M I N C E (2022) PENERAPAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN GAMBAR SERI DALAM MENINGKATKAN BAHASA LISAN ANAK DI TKKRISTEN PELITA KASIH MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (42kB)
[img] Text
mince new.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (45kB)
[img] Text
siklus I.docx

Download (41kB)
[img] Text
siklus II.docx

Download (41kB)
[img] Text
Lampiran 2 skrips (1).docx

Download (19kB)

Abstract

Mince 2012 Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Gambar Seri Dalam Meningkatkan Bahasa Lisan Anak Di TK Kristen Pelita Kasih Makassar. Skripsi dibimbing oleh Drs. M. Anas Malik, M.Si dan Syamsuardi, S.Pd., M.Pd masing-masing sebagai pembimbing I dan pembimbing II pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbahasa lisan anak di TK Kristen Pelita Kasih Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode cerita menggunakan gambar seri dalam meningkatkan bahasa lisan anak di TK Kristen Pelita Kasih Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan metode cerita melalui gambar seri dalam meningkatkan bahasa lisan anak di TK Kristen Pelita Kasih Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan anak di kelompok B TK kristen Pelita kasih. Data penelitian ini merupakan data aktivitas mengajar guru dan belajar anak tentang bahasa lisan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas mengajar guru dan belajar anak. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus pembelajaran, siklus I kemampuan mengajar guru kategori cukup dan kemampuan belajar anak kategori kurang dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan belajar anak kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan penerapan metode bercerita menggunakan gambar seri dapat meningkatkan bahasa lisan anak Di TK Kristen Pelita Kasih Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Nov 2022 01:48
Last Modified: 11 Nov 2022 01:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25413

Actions (login required)

View Item View Item