DEVI SUKMAWATI. (2022) PENERAPAN TEKNIK EMPTY CHAIR UNTUK MENGURANGIKECEMASAN BERBICARA DI DEPAN KELAS SISWASMA NEGERI 3 MAKASSAR.
Text
SAMPUL DEPAN.pdf Download (68kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (85kB) |
|
Text
MOTTO.pdf Download (146kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (152kB) |
|
Text
PRAKATA.pdf Download (164kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (104kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (170kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (170kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (290kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (290kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (326kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
|
Text
12. DATA PERILAKU AGRESIF SEBELUM DAN SESUDAH.pdf Download (155kB) |
|
Text
13. ANALISIS STATISTIK DESKRIPTIF.pdf Download (145kB) |
|
Text
21. DOKUMENTASI.pdf Download (1MB) |
|
Text
22. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (92kB) |
Abstract
DEVI SUKMAWATI. 2017. Penerapan Teknik Empty Chair untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara di Depan Kelas Siswa SMA Negeri 3 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Abdul Saman. M.Si. Kons dan Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd dan Drs. Muhammad Anas, M.Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Empty Chair untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara di Depan Kelas Siswa SMA Negeri 3 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran kecemasan berbicara di depan kelas siswa SMA Negeri 3 Makassar?,(2) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan teknik empty chair dapat mengurangi kecemasan berbicara di depan kelas siswa SMA Negeri 3 Makassar ?, (3) Untuk mengetahui apakah efektifitas penerapan teknik empty chair terhadap kecemasan berbicara di depan kelas siswa SMA Negeri 3 Makassar?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat eksperimen terhadap 30 populasi dan 10 subjek penilitian merupakan siswa yang teridentifikasi memiliki kecemasan berbicara di depan kelas siswa SMA Negeri 3 Makassar. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif non parametic wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kecemasan berbicara di depan kelas siswa SMA Negeri 3 Makassar sebelum diterapkan teknik empty chair berada pada kategori “tinggi”, akan tetapi setelah diberikan perlakuan, kecemasan berbicara di depan kelas siswa berkurang yakni berada pada kategori “sedang”. (2) Pelaksanaan teknik empty chair dilakukan dalam konseling kelompok yang terdiri atas 4 tahap sesuai dengan skenario yaitu, tahap pertama menumbuhkan motivasi siswa, tahap kedua mengungkapkan kecemasan berbicara di depan kelas, tahap ketiga latihan under dog dan top dog, tahap keempat evaluasi. (3) Penerapan teknik empty chair dapat mengurangi secara signifikan kecemasan berbicara di depan kelas siswa SMA Negeri 3 Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 02:43 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 02:43 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24713 |
Actions (login required)
View Item |