KHOIRULLAH (2022) PENERAPAN METODE EVERYONE IS A COUNSELOR HERE UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMAN 15 MAKASSAR.
Text
halaman arul.doc Download (133kB) |
|
Text
BAB 1.doc Download (58kB) |
|
Text
BAB 2.doc Download (134kB) |
|
Text
BAB 3.doc Download (184kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAK1.docx Download (34kB) |
|
Text
lampiran 7 PENGAMBILAN KEPUTUSAN.docx Download (30kB) |
|
Text
lampiran 8 PILIHAN SEHAT.docx Download (27kB) |
|
Text
lampiran 9 berani gagal.docx Download (36kB) |
|
Spreadsheet
tabulasi nilai.xlsx Download (15kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP arul.docx Download (73kB) |
Abstract
KHOIRULLAH, 2016. Penerapan metode everyone is a counselor here untuk meningkatkan berpikir kritis siswa di SMAN 15 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Muhammad Anas, Msi dan Dr. Abdul Saman, M.Si.,Kons. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah utama penelitian ini adalah menelaah metode everyone is a counselor here untuk meningkatkan berpikir kritis siswa di SMAN 15 Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana Gambaran Penerapan Metode Everyone Is a Counselor Here dalam bimbingan konseling 2. Apakah Implementasi Metode Everyone Is a Counselor Here mampu meningkatkan berpikir kritis siswa kelas X 2 SMA Negeri 15 Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Gambaran Penerapan Metode Everyone Is a Counselor Here dalam BK di SMAN 15 Makassar. 2. Implementasi Metode Every one Is Counselor Here mampu meningkatkan berpikir kritis siswa kelas X 2 SMA Negeri 15 Makassar. Penelitian ini dilakukan di SMAN 15 Makassar tahun ajaran 2016/2017, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X 2 sebanyak 32 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, metode bimbingan yang digunakan adalah dengan metode Everyone Is a Counselor Here. Prosedur pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan tes. Analisi data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Penerapan metode everyone is a counselor here dilakukan dengan cara mengaktifkan siswa untuk membuat soal berdasarkan materi yang diberikan, kemudian dibagikan dengan mengacak soal Lalu membuat siswa membentuk kelompok meminta siswa bergantian menjawab soal yang diterima. setelah itu Siswa lain diberikan kesempatan untuk menanggapi jawaban temannya. 2. Penerapan metode Everyone Is a Counselor Here dapat meningkatkan aktitvitas siswa dan konselor dalam proses bimbingan. Pada siklus I ke siklus II sampai ke siklus III aktifitas konselor berjalan sesuia dengan apa yang ada dalam lembar observasi sedangkan aktivitas siswa dari siklus 1 sampai III mengalami peningkatan yang signifikan dari yang mendapat presentasi 80%-100% hanya 4 orang kemudian menjadi 13 orang dan di akhir siklus ke III menjadi 23 orang. Artinya Penerapan metode Everyone Is A counselor Here dapat meningkatkan berpikir kritis siswa dalam proses bimbingan Kata kunci : Everyone Is A Counselor Here, Hasil Berpikir kritis Siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 01:52 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 01:52 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24704 |
Actions (login required)
View Item |