MARWATI (2022) LATIHAN ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA.
Text
1. SAMPUL AWAL.docx Download (26kB) |
||
|
Image
PERSETUJUAN PEMBIMBING.jpg Download (666kB) | Preview |
|
|
Image
PENGESAHAN.jpg Download (693kB) | Preview |
|
Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (17kB) |
||
Text
4. MOTO DAN PERSEMBAHAN.docx Download (15kB) |
||
Text
5. ABSTRAK.docx Download (21kB) |
||
Text
6. PRAKATA.docx Download (21kB) |
||
Text
7. DAFTAR ISI.docx Download (25kB) |
||
Text
1. BAB I.docx Download (31kB) |
||
Text
2. BAB II.docx Download (51kB) |
||
Text
3. BAB III.docx Download (47kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (21kB) |
||
Text
12. Deskriptif prepost.docx Download (23kB) |
||
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (35kB) |
Abstract
Marwati. 2017. Latihan Asertif untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Sungguminasa. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Muh. Anas Malik, M. Si. dan Dr. Hj. Kustiah Sunarty, M. Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Latihan Asertif dan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Kelas VIII di SMP Negeri 4 Sungguminasa. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah gambaran pelaksanaan latihan asertif di SMP Negeri 4 Sungguminasa? (2) Bagaimanakah gambaran keterampilan komunikasi interpersonal siswa di SMP Negeri 4 Sungguminasa? (3) Apakah penerapan latihan asertif dapat meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa di SMP Negeri 4 Sungguminasa? Tujuan Penelitian yaitu untuk mengetahui: (1) Gambaran pelaksanaan latihan asertif di SMP Negeri 4 Sungguminasa, (2) Gambaran keterampilan komunikasi interpersonal siswa di SMP Negeri 4 Sungguminasa, (3) Penerapan latihan asertif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa di SMP Negeri 4 Sungguminasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian Pre-Eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian 26 siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa. Sampel penelitian 10 siswa melalui penarikan sampel Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik yaitu Uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan latihan asertif di SMP Negeri 4 Sungguminasa dilaksanakan dalam 4 tahap sesuai skenario, meliputi: pembahasan materi, latihan mengemukakan pendapat, latihan mengekspresikan perasaaan baik positif maupun negatif, dan praktik nyata, (2) Tingkat keterampilan komunikasi interpersonal siswa di SMP Negeri 4 Sungguminasa secara umum berada pada kategori sedang, (3) Latihan asertif dapat meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa di SMP Negeri 4 Sungguminasa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 01:43 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 01:43 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24703 |
Actions (login required)
View Item |