INCHE HAIRUL (2022) PENERAPAN TEKNIK HIPNOSIS DENGAN PENGGUNAAN MUSIK KLASIK UNTUK MENGURANGI TINGKAT KECEMASANBERBICARA SISWA DI DEPAN KELASDI SMA NEGERI 1 BANTAENG.
Text
HALAMAN SAMPUL.docx Download (27kB) |
|
Text
BAGIAN AWAL LENGKAP.docx Download (56kB) |
|
Text
ISI LENGKAP.docx Download (176kB) |
|
Text
Lampiran 1 Skenario Pelaksanaan Teknik Hipnosis.docx Download (41kB) |
|
Text
Lampiran 2,3 Kisi-kisi & Angket Sebelum.docx Download (36kB) |
|
Text
Lampiran 4,5_ Kisi-kisi & Angket Setelah.docx Download (30kB) |
|
Text
Lampiran 13_ Analisis Observasi new.docx Download (28kB) |
|
Text
Lampiran 15_ Data Hasil Pretest dan Posttest.docx Download (26kB) |
|
Text
Lampiran 15_ Data Hasil Pretest dan Posttest.docx Download (26kB) |
|
Text
Lampiran 16_ Hasil Pengujian Hipotesis.docx Download (25kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (40kB) |
Abstract
INCHE HAIRUL. 2015.PenerapanTeknikHipnosisdenganPenggunaanMusikKlasikUntukMengurangi Tingkat KecemasanBerbicaraSiswa di DepanKelas di SMA Negeri 1 Bantaeng.Skripsi.Pembimbing: (I) Dr. Abdul Saman, M.SiKons, (II) Drs. H. Muhammad Anas, M.Si. JurusanPsikologiPendidikandanBimbingan, FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik hipnosis dengan penggunaan musik klasik untuk mengurangi tingkat kecemasan berbicara siswa di depan kelas di SMA Negeri 1 Bantaeng, Kabupaten Bantaeng. Permasalahan yang dikaji yaitu: (1) Bagaimana gambaran pelaksanaanpenerapan teknik hipnosis dengan penggunaan musik klasikdi SMA Negeri 1 Bantaeng. (2) Bagaimana gambaran tingkatkecemasan berbicara siswa di depan kelas sebelum dan sesudah diberikan teknik hipnosis dengan penggunaan musik klasik di SMA Negeri 1 Bantaeng. (3) Apakah penerapan teknik hipnosis dengan penggunaan musik klasikdapatmengurangi tingkat kecemasan berbicara siswa di depan kelas di SMA Negeri 1 Bantaeng. Tujuanpenelitianiniyaituuntukmengetahui: (1) Gambaran pelaksanaanpenerapan teknik hipnosis dengan penggunaan musik klasik di SMA Negeri 1 Bantaeng. (2) Gambaran tingkatkecemasan berbicara siswa di depan kelas sebelum dan sesudah diberikan teknik hipnosis dengan penggunaan musik klasik di SMA Negeri 1 Bantaeng. (3) Penerapanteknik hipnosis dengan penggunaan musik klasikdapatmengurangi tingkat kecemasan berbicara siswa di depan kelas di SMA Negeri 1 Bantaeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design. Desain penelitian yakniOne-Group Pretest-Posttest Design. Subyek penelitian ini12 orang yakni siswa kelas X IIS 1, X IIS 2, X IIS 3 dan X IIS 4 yang ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis non-parametrik, yaitu uji Wilcoxon Signed Rank Test menggunakan SPSS16,0 for windows.Kesimpulanpenelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaanteknikhipnosisdenganpenggunaanmusikklasikdilakukandengan 5 kali pertemuansesuaiskenarioyaitutessuggesttibilitas,konselinghipnosisdenganpenggunaanmusikklasiksesi 1, konselinghipnosisdenganpenggunaanmusikklasiksesi 2, konselinghipnosisdenganpenggunaanmusikklasiksesi 3 dankonselinghipnosisdenganpenggunaanmusikklasiksesi 4. (2) Tingkat kecemasanberbicarasiswa di depankelas, kelas X IIS di SMA Negeri 1 Bantaengsebelumpemberianperlakuanteknikhipnosisdenganpenggunaanmusikklasikberadadalamkategoritinggi, dansetelahpemberianperlakuanberadapadakategorirendah. (3) Penerapanteknikhipnosisdenganpenggunaanmusikklasikmemilikipengaruhpositifdansignifikanuntukmengurangitingkatkecemasanberbicarasiswa di depankelas di SMA Negeri 1 Bantaeng, KabupatenBantaeng.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 03:24 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 03:24 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24525 |
Actions (login required)
View Item |