PENERAPAN TEKNIK HIPNOSIS DENGAN PENGGUNAAN MUSIK KLASIK UNTUK MENGURANGI TINGKAT KECEMASANBERBICARA SISWA DI DEPAN KELASDI SMA NEGERI 1 BANTAENG

INCHE HAIRUL (2022) PENERAPAN TEKNIK HIPNOSIS DENGAN PENGGUNAAN MUSIK KLASIK UNTUK MENGURANGI TINGKAT KECEMASANBERBICARA SISWA DI DEPAN KELASDI SMA NEGERI 1 BANTAENG.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAGIAN AWAL LENGKAP.docx

Download (56kB)
[img] Text
ISI LENGKAP.docx

Download (176kB)
[img] Text
Lampiran 1 Skenario Pelaksanaan Teknik Hipnosis.docx

Download (41kB)
[img] Text
Lampiran 2,3 Kisi-kisi & Angket Sebelum.docx

Download (36kB)
[img] Text
Lampiran 4,5_ Kisi-kisi & Angket Setelah.docx

Download (30kB)
[img] Text
Lampiran 13_ Analisis Observasi new.docx

Download (28kB)
[img] Text
Lampiran 15_ Data Hasil Pretest dan Posttest.docx

Download (26kB)
[img] Text
Lampiran 15_ Data Hasil Pretest dan Posttest.docx

Download (26kB)
[img] Text
Lampiran 16_ Hasil Pengujian Hipotesis.docx

Download (25kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (40kB)

Abstract

INCHE HAIRUL. 2015.PenerapanTeknikHipnosisdenganPenggunaanMusikKlasikUntukMengurangi Tingkat KecemasanBerbicaraSiswa di DepanKelas di SMA Negeri 1 Bantaeng.Skripsi.Pembimbing: (I) Dr. Abdul Saman, M.SiKons, (II) Drs. H. Muhammad Anas, M.Si. JurusanPsikologiPendidikandanBimbingan, FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik hipnosis dengan penggunaan musik klasik untuk mengurangi tingkat kecemasan berbicara siswa di depan kelas di SMA Negeri 1 Bantaeng, Kabupaten Bantaeng. Permasalahan yang dikaji yaitu: (1) Bagaimana gambaran pelaksanaanpenerapan teknik hipnosis dengan penggunaan musik klasikdi SMA Negeri 1 Bantaeng. (2) Bagaimana gambaran tingkatkecemasan berbicara siswa di depan kelas sebelum dan sesudah diberikan teknik hipnosis dengan penggunaan musik klasik di SMA Negeri 1 Bantaeng. (3) Apakah penerapan teknik hipnosis dengan penggunaan musik klasikdapatmengurangi tingkat kecemasan berbicara siswa di depan kelas di SMA Negeri 1 Bantaeng. Tujuanpenelitianiniyaituuntukmengetahui: (1) Gambaran pelaksanaanpenerapan teknik hipnosis dengan penggunaan musik klasik di SMA Negeri 1 Bantaeng. (2) Gambaran tingkatkecemasan berbicara siswa di depan kelas sebelum dan sesudah diberikan teknik hipnosis dengan penggunaan musik klasik di SMA Negeri 1 Bantaeng. (3) Penerapanteknik hipnosis dengan penggunaan musik klasikdapatmengurangi tingkat kecemasan berbicara siswa di depan kelas di SMA Negeri 1 Bantaeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design. Desain penelitian yakniOne-Group Pretest-Posttest Design. Subyek penelitian ini12 orang yakni siswa kelas X IIS 1, X IIS 2, X IIS 3 dan X IIS 4 yang ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis non-parametrik, yaitu uji Wilcoxon Signed Rank Test menggunakan SPSS16,0 for windows.Kesimpulanpenelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaanteknikhipnosisdenganpenggunaanmusikklasikdilakukandengan 5 kali pertemuansesuaiskenarioyaitutessuggesttibilitas,konselinghipnosisdenganpenggunaanmusikklasiksesi 1, konselinghipnosisdenganpenggunaanmusikklasiksesi 2, konselinghipnosisdenganpenggunaanmusikklasiksesi 3 dankonselinghipnosisdenganpenggunaanmusikklasiksesi 4. (2) Tingkat kecemasanberbicarasiswa di depankelas, kelas X IIS di SMA Negeri 1 Bantaengsebelumpemberianperlakuanteknikhipnosisdenganpenggunaanmusikklasikberadadalamkategoritinggi, dansetelahpemberianperlakuanberadapadakategorirendah. (3) Penerapanteknikhipnosisdenganpenggunaanmusikklasikmemilikipengaruhpositifdansignifikanuntukmengurangitingkatkecemasanberbicarasiswa di depankelas di SMA Negeri 1 Bantaeng, KabupatenBantaeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:24
Last Modified: 01 Sep 2022 03:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24525

Actions (login required)

View Item View Item