AWALUDDIN (2022) EFEKTIVITAS MANAJEMEN STRES DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENURUNKAN STRES MENGHADAPI UJIAN KENAIKAN KELAS DI SMP NEGERI 2 MAKASSAR.
Text
HALAMAN SAMPUL.doc Download (39kB) |
|
Text
HALAMAN II.doc Download (65kB) |
|
Text
HALAMAN III.doc Download (64kB) |
|
Text
HALAMAN IV.doc Download (25kB) |
|
Text
HALAMAN V.doc Download (24kB) |
|
Text
HALAMAN VI.doc Download (28kB) |
|
Text
HALAMAN VII.doc Download (33kB) |
|
Text
HALAMAN X.doc Download (27kB) |
|
Text
HALAMAN XIII.doc Download (24kB) |
|
Text
HALAMAN XIV.doc Download (22kB) |
|
Text
HALAMAN XV.doc Download (26kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (42kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (109kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (117kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (30kB) |
|
Text
lamp 12. ANALISIS STATISTIC DESKRIPTIF.doc Download (112kB) |
|
Text
lamp 13. DATA HASIL PRETES POSTES .doc Download (74kB) |
|
Text
lamp 14. ANALISI STASTISTIK INFERENSIAL.doc Download (66kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.doc Download (106kB) |
Abstract
AWALUDDIN. 2014. Efektivitas Manajemen Stres Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Menurunkan Stres Menghadapi Ujian Kenaikan Kelas Di SMP Negeri 2 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Usman Malik M.Pd dan Dr. Abdul Saman, S.Pd, M.Si. Kons Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Penelitian ini menelaah Efektivitas Manajemen Stres Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Menurunkan Stres Menghadapi Ujian Kenaikan Kelas Di SMPN 2 Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran pelaksanaan manajemen stres dalam bimbingan kelompok untuk menurunkan stres menghadapi ujian kenaikan kelas di SMPN 2 Makassar. (2) Bagaimana gambaran tingkat stres menghadapi ujian kenaikan kelas sebelum dan sesudah diberi perlakuan (latihan manajemen stres) pada siswa di SMPN 2 Makassar. (3) Apakah manajemen stres dalam bimbingan kelompok efektif menurunkan tingkat stres menghadapi ujian kenaikan kelas di SMPN 2 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan manajemen stres dalam bimbingan kelompok untuk menurunkan stres menghadapi ujian kenaikan kelas di SMPN 2 Makassar. (2) Untuk mengetahui gambaran tingkat stres menghadapi ujian kenaikan kelas sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (latihan manajemen stres) pada siswa kelas di SMPN 2 Makassar. (3) Untuk mengetahui apakah manajemen stres dalam bimbingan kelompok efektif menurunkan stres menghadapi ujian kenaikan kelas di SMPN 2 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Pre- Eksperimental Design terhadap 30 orang subjek penelitian yang merupakan siswa SMPN 2 Makassar. Pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, pengujian hipotesis melalui uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan manjemen stres dilakukan dengan empat kali pertemuan yaitu, pemberian informasi manajemen stres, pelaksanaan pencatatan pikiran negatif kemudian pelaksanaan relaksasi I, dan pelaksanaan relaksasi II. (2) Tingkat stres menghadapi ujian kenaikan di SMPN 2 Makassar setelah diberi perlakuan berupa manajemen stres berada pada kategori sedang bahkan rendah. (3) Pemberian manajemen stres dalam bimbingan kelompok efektif menurunkan stres menghadapi ujian kenaikan kelas di SMPN 2 Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 06:15 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 06:15 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24490 |
Actions (login required)
View Item |