PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 PINRANG

Masnah. (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 PINRANG.

[img] Text
0. SAMPUL.docx

Download (38kB)
[img] Text
1. SAMPUL DALAM.docx

Download (34kB)
[img] Text
2. PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (90kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (15kB)
[img] Text
4. MOTO DAN PERUNTUKAN.docx

Download (13kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
6. PRAKATA.docx

Download (17kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.docx

Download (19kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.docx

Download (15kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.docx

Download (15kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.docx

Download (14kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (15kB)
[img] Text
11. BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
12. BAB II.docx

Download (43kB)
[img] Text
13. BAB III.docx

Download (37kB)
[img] Text
14. BAB IV.docx

Download (55kB)
[img] Text
15. BAB V.docx

Download (18kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
L 14. FOTO DOKUMENTASI KEGIATAN PEMBELAJARAN.docx

Download (2MB)
[img] Text
18. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (94kB)

Abstract

Masnah. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Pinrang. Skripsi ini. Dibimbing oleh Dr. Abd. Hakim, S.Pd, M.Si dan Prof. Dr. Amir. M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah gambaran penerapan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar pada siswa mata pelajaran TIK? (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar pada siswa mata pelajaran TIK setelah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching? (3) Apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar pada siswa mata pelajaran TIK?. Tujuan dari penelitian ini (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar setelah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dari pada yang menggunakan model pembelajaran biasa. Metode yang digunakan adalah metode pre-eksperimen melaui pendekatan kuantitatif. Hasil tes yang dilakukan sebelum dan sesudah tindakan dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest, siswa yang mengalami peninggkatan. Maka dapat dikatakan bahwa siswa yang menjadi sampel dengan jumlah 22 orang telah mengalami peningkatan dalam mendeskripsikan sejarah perkembangan TIK dari masa lalu sampai sekarang dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Hal ini sekaligus menjawab hipotesis H1 bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Pinrang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:17
Last Modified: 15 Jul 2022 07:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23851

Actions (login required)

View Item View Item