A.Muh.Abduh Basma (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SISWA KELA VIII MTS DDI TEKOLABBUA KABUPATEN PANGKEP.
Text
Sampul Depan AB.docx Download (40kB) |
|
Text
Daftar Isi AB.docx Download (22kB) |
|
Text
Abstrak AB.docx Download (83kB) |
|
Text
Rangkuman Skripsi I-V AB.docx Download (248kB) |
|
Text
LAMPIRAN LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS SISWA.docx Download (44kB) |
|
Text
dokumentasi foto.docx Download (3MB) |
|
Text
Riwayat Hidup AB.docx Download (74kB) |
Abstract
A.Muh.Abduh Basma. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas VIII MTs DDI Tekolabbua Kabupaten Pangkep. Skripsi.Dibimbing oleh Drs.H.Abd.Karim H.Ahmad,M.Pd dan Dr.Pattaufi,S.Pd,M.Si. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah guru terbiasa melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran konvensional dan kurang memanfaatkan media sebagai sumber belajar dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan komunikasi. Oleh karena itu, peneliti akan melakukan penelitian dengan judul melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VIII MTs DDI Tekolabbua Kabupaten Pangkep ? Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VIII MTs DDI Tekolabbua Kabupaten Pangkep. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dimaksudkan untuk mengetahui suatu kejadian atau peristiwa yang sedang berlangsung yaitu pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VIII MTs DDI Tekolabbua kab. Pangkep. Jenis Penelitian ini adalah Eksperimen, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII MTs DDI Tekolabbua Kab.Pangkep yang berjumlah 26 orang siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran quantum teaching pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Hal ini terlihat dari hasil pretest dan postest saat diberikan perlakuan pada proses belajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil t-test yaitu yang menunjukkan data hasil t hitung ˃ t tabel pada taraf signifikan 5 % maupun taraf signifikan 1 % diperoleh nilai t hitung ˃ t tabel.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 01:41 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 01:41 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23732 |
Actions (login required)
View Item |