NUR ASWILA (2022) MANAJEMEN KELAS (STUDI KASUS) DI SMK NEGERI 1 BANTAENG KABUPATEN BANTAENG.
Text
SAMPUL SKRIPSI.docx Download (23kB) |
|
Text
Abstrak dll.doc Download (156kB) |
|
Text
BAB I. PENDAHULUAN.docx Download (25kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (16kB) |
|
Text
01. KISI-KISI INSTRUMENT.docx Download (22kB) |
|
Text
02. LEMBAR OBSERVASI.docx Download (18kB) |
|
Text
011. DOKUMENTASI PENELITIAN.docx Download (3MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx Download (39kB) |
Abstract
Nur Aswila. 2018 Skripsi. Manajemen kelas di SMK Negeri 1 Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Dibimbing oleh Prof, Dr. Ismail Tolla, M. Pd dan Drs. M. Bachtiar M. Si Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah manajemen kelas di SMK Negeri 1 Bantaeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 7 orang yang terdiri dari 2 wakil kepala sekolah, 5 orang orang guru. Alat pengumpulan data dengan menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptiif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kelas di SMK Negeri 1 Bantaeng Kabupaten Bantaeng meliputi: (1). Mewujudkan situasi dan kondisi kelas, sebagai lingkungan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan mereka semaksimal mungkin. (2) Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi pembelajaran. (3) Menyediakan dan mengatur fasilitas serta media pembelajaran yang mendukung dan memungkinkan peserta didik belajar sesuai dengan lingkungan sosial, emosional dan intelektual mereka dalam kelas. (4) Membina dan membimbing siswa sesuai dengan latar belakang sosial, ekonomi, budaya dan sifat-sifat individunya. Dalam implementasiya, pihak sekolah dan guru lebih banyak menerapkan membina dan membimbing siswa. Hal ini disebabkan oleh membina dan membimbing siswa dalam proses pembelajaran lebih memfokuskan pada pencapaian tujuan dan pelaksanaan tugas-tugas siswa itu sendiri, sehingga dapat mewujudkan pribadi siswa akan tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang relevan dengan minat dan bakat yang dimilikinya. Sedangkan faktor pendukung manajemen kelas di SMK Negeri 1 Bantaeng yaitu: (1) Kurikulum. (2) Guru. (3) Peserta didik. (4). Lingkungan kelas. Selain itu faktor penghambatnya yaitu: (1) Keluarga. (2) Fasilitas.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 04:01 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 04:01 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23351 |
Actions (login required)
View Item |