ISMAIL DJAFAR (2022) KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI 7 KABUPATEN WAJO.
Text
SAMPUL SKRIPSI.docx Download (21kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (816kB) |
|
Text
BAB I KONTEKS PENELITIAN.docx Download (30kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (27kB) |
|
Text
01. KISI-KISI INSTRUMEN PENELITIAN.docx Download (25kB) |
|
Text
02. LEMBAR OBSERVASI.docx Download (23kB) |
|
Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx Download (4MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP 1.docx Download (36kB) |
Abstract
Ismail Djafar. 2017. Skripsi. Kompetensi Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Kabupaten Wajo. Dibimbing oleh Prof. Suparlan Suhartono, M.Ed., Ph.D dan Dr. Wahira, M.Pd Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Kompetensi Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Kabupaten Wajo. Fokus penelitian dari penelitian ini adalah bagaimana gambaran kompetensi kepala sekolah di SMA Negeri 7 Kabupaten Wajo. Tujuan penelitian dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kompetensi kepala sekolah di SMA Negeri 7 Kabupaten Wajo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 8 orang yang terdiri dari 3 wakil kepala sekolah, 2 orang stakeholder dan 3 orang guru. Alat pengumpulan data dengan menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptiif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepala sekolah di SMA Negeri 7 Kabupaten Wajo meliputi: 1). kompetensi kepribadian ( Berahlak mulia, memiliki integritas pribadi, keinginan kuat dalam pengembangan diri,bersikap terbuka dalam menjalankan tugas dan mengendalikan diri dalam menghadapi masalahh), 2). Kompetensi manajerial ( mampu menyusun perencanaan sekolah, mengembangkan organisasi sekolah sesuai kebutuhan, pemberdayaan SDM secara optimal, mengelola perubahan dan pengembangan sekolah dan menciptakan budaya dan iklim yang kondusif dan inovatif ), 3). Kompetensi kewirausahaan ( menciptakan inovasi demi pengembangan sekolah, bekerja keras untuk mencapai keberhasilan, memiliki motivasi untuk sukses, pantang menyerah dan selalu mencari solusi dalam menhadapi masalah sekolah, memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola produksi dan jasa sekolah ), 4). Kompetensi supervisi ( merencanakan supervisi akademik terhadap guru, melaksanakan supervisi terhadap guru dan menindaklanjuti hasil supervisi ) dan 5). Kompetensi sosial ( bekerja sama dengan pihak lain, berpartisipasi dalam kegiatan sosial masyarakat dan memiliki kepekaan sosial).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 03:33 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 03:33 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23344 |
Actions (login required)
View Item |