PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Studi Kasus di Kelompok Bermain Nurul Annisa Kelurahan Tonasa Kabupaten Pangkep)

PUTRI RAHAYU NOVAYANI IMHAR (2022) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Studi Kasus di Kelompok Bermain Nurul Annisa Kelurahan Tonasa Kabupaten Pangkep).

[img] Text
1. Sampul.docx

Download (31kB)
[img] Text
2. PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (13kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (14kB)
[img] Text
4. MOTTO.docx

Download (15kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
6. PRAKATA.docx

Download (18kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.docx

Download (21kB)
[img] Text
8. BAB 1.docx

Download (21kB)
[img] Text
9. BAB II.docx

Download (48kB)
[img] Text
10. BAB III.docx

Download (22kB)
[img] Text
11. BAB IV BARU.docx

Download (28kB)
[img] Text
12. BAB V.docx

Download (17kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
14. KISI-KISI INSTRUMENT (Revisi).docx

Download (13kB)
[img] Text
15. Panduan WAWANCARA.docx

Download (16kB)
[img] Text
16. HASIL WAWANCARA.docx

Download (20kB)
[img] Text
17. dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
18. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (29kB)

Abstract

Putri Rahayu Novayani Imhar. 2015. Skripsi. Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus di Kelompok Bermain Nurul Annisa Kelurahan Tonasa Kabupaten Pangkep), Dibimbing oleh Drs. M. Ali Latif Amri, M.Pd. dan Dra. Istiyani Idrus, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana partisipasi masyarakat dalam perencanaan pada penyelenggaraan PAUD di kelurahan Tonasa? 2) Bagaimana partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan pada penyelenggaraan PAUD di kelurahan Tonasa? 3) Bagaimana partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pada penyelenggaraan PAUD di Kelurahan Tonasa? 4) Bagaimana partisipasi masyarakat dalam evaluasi pada penyelenggaraan PAUD di kelurahan Tonasa? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam perencanaan pada penyelenggaraan PAUD di kelurahan Tonasa. 2) Untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan pada penyelenggaraan PAUD di Kelurahan Tonasa. 3) Untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pada penyelenggaraan PAUD di Kelurahan Tonasa. 4)Untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam evaluasi pendidikan pada penyelenggaraan PAUD di Kelurahan Tonasa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian ini bahwa: 1) Partisipasi masyarakat pada aspek perencanaan pada kategori tinggi, karena yang terlibat dalam perencanaan dari pihak orang tua peserta didik dan tokoh masyarakat, sedangkan dari masyarakat umum tidak terlibat. 2) Partisipasi masyarakat pada pengambilan keputusan pada kategori tinggi, karena keterlibatan masyarakat dan tokoh masyarakat dalam memberikan masukan untuk pengambilan keputusan pada rapat yang diselenggarakan oleh PAUD Nurul Annisa cukup tinggi. 3) Partisipasi masyarakat pada aspek pelaksanaan PAUD masih kurang, hal ini ditandai dengan masih rendahnya kontribusi masyarakat dalam memberikan bantuan untuk penyelenggaraan PAUD Annisa baik dari segi dana maupun dalam bentuk materi atau perlengakapan media dan alat bermain. 4) Partisipasi masyarakat pada aspek evaluasi PAUD pada kategori tinggi, karena keterlibatan masyarakat khususnya orang tua peserta didik dan tokoh masyarakat dalam memberikan saran dan dalam mengevaluasi PAUD Nurul Annisa cukup tinggi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Apr 2022 02:52
Last Modified: 06 Apr 2022 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22785

Actions (login required)

View Item View Item