PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING (MELUKIS DENGAN JARI) DI KELOMPOK BERMAIN JAYA PURNAMA KELAS MAWAR KABUPATEN BULUKUMBA

ASMAYANI SAFITRI (2022) PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING (MELUKIS DENGAN JARI) DI KELOMPOK BERMAIN JAYA PURNAMA KELAS MAWAR KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (32kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB 1-DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (266kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1-8.docx

Download (98kB)
[img] Text
LAMPIRAN GAMBAR.docx

Download (1MB)
[img] Text
RUBRIK PENILAIAN ANAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
RUBRIK PENILAIAN TUTOR.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (41kB)

Abstract

ASMAYANI SAFITRI. 2014. Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Kegiatan Finger Painting (Melukis dengan Jari) di Kelompok Bermain Jaya Purnama Kelas Mawar Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Firdaus Hasan, M.Si dan Drs. M. Ali Latif Amri, M.Pd. Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Kegiatan Finger Painting (Melukis dengan Jari) di Kelompok Bermain Jaya Purnama Kelas Mawar Kabupaten Bulukumba. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan finger painting (melukis dengan jari) di Kelompok Bermain Jaya Purnama Kelas Mawar Kabupaten Bulukumba? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pendekatan finger painting dalam upaya meningkatkan kreativitas anak usia dini di Kelompok Bermain Jaya Purnama Kelas Mawar Kabupaten Bulukumba. Pendekatan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian terdiri atas kegiatan finger painting (melukis dengan jari) dan kreativitas anak didik di Kelompok Bermain Jaya Purnama kelas Mawar, yang terdiri atas empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi baik pada siklus I maupun siklus II. Subjek penelitian adalah 15 orang anak didik dan 1 orang tutor. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan, nampak bahwa terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Hasil observasi pada siklus I anak yang berada dalam kategori cukup ada 3 anak, 12 anak termasuk dalam kategori kurang. Hasil observasi pada siklus II sudah terjadi peningkatan sudah ada 13 anak dalam kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa kagiatan finger painting (melukis dengan jari) di Kelompok Bermain Jaya Purnama Kelas Mawar dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Mar 2022 06:50
Last Modified: 28 Mar 2022 06:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22703

Actions (login required)

View Item View Item