PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SPONGEBOB DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI PENJUMLAHAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BAGI MURID TUNARUNGU KELAS DASAR III DI SLB NEGERI BONTOHARU KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

Nur Dalia (2022) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SPONGEBOB DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI PENJUMLAHAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BAGI MURID TUNARUNGU KELAS DASAR III DI SLB NEGERI BONTOHARU KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR.

[img] Text
Sampul Skripsi.docx

Download (34kB)
[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (55kB)
[img] Text
Bab I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (66kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (61kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (28kB)
[img] Text
Daftar pustaka.docx

Download (25kB)
[img] Text
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS BELAJAR MURID DALAM.docx

Download (19kB)
[img] Text
Dokumentasi.docx

Download (705kB)
[img] Text
RIWAYAT PENDIDIKAN PENULIS.docx

Download (39kB)

Abstract

Nur Dalia. 2014. Penggunaan Media Gambar Spongembob Dalam Menigkatkan Hasil Belajar Operasi Penjumlahan Pada Mata Pelajaran Matematika Bagi Murid Tunarungu Kelas Dasar III di SLB Negeri Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar. Skripsi di Bimbing oleh Drs. Andi Budiman, M. Kes. dan Dra Tatiana Meidina, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu rendahnya hasil belajar oprasi penjumlahan murid tunarungu kelas dasar III di SLB Negeri Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar. Rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimanakah gambaran kemampuan operasi penjumlahan sebelum penggunaan media gambar spongebob pada murid tunarungu kelas dasar III di SLB Negeri Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar? 2) Bagaimanakah gambaran kemampuan operasi penjumlahan sesudah penggunaan media gambar spongebob pada murid tunarungu kelas dasar III di SLB Negeri Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar? 3) Apakah ada peningkatan hasil belajar operasi penjumlahan setelah menggunakan media gambar spongebob pada murid tunarungu kelas Dasar III di SLB Negeri Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar.? Tujuan penelitian yaitu 1) untuk mengetahui gambaran kemampuan operasi penjumlahan sebelum menggunakan media gambar spongebob pada murid tunarungu kelas dasar III di SLB Negeri Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar, 2) untuk mengetahui gambaran kemampuan operasi penjumlahan sesudah menggunakan media gambar spongebob pada murid tunarungu kelas dasar III di SLB Negeri Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar. 3) untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar opearsi penjumlahan setelah menggunakan media gambar spongebob pada murid tunarungu kelas dasar III di SLB Negeri Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian yaitu seluruh murid tunarungu kelas dasar III di SLB Negeri Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar yang berjumlah 2 orang murid. Data diolah dengan analisis deskriptif kualitatif dan disajikan dalam bentuk diagram batang. Kesimpulan hasil penelitian yaitu 1) Hasil belajar operasi penjumlahan murid tunarungu kelas dasar III di SLB Negeri Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar sebelum penggunaan media gambar spongebob berada pada kategori sangat kurang. 2) Hasil belajar operasi penjumlahan murid tunarungu kelas dasar III di SLB Negeri Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar sesudah penggunaan media gambar spongebob berada pada kategori sangat baik. 3) Terdapat peningkatan hasil belajar penjumlahan pada murid tunarungu kelas dasar III di SLB Negeri Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar sesudah penggunaan media gambar spongebob.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:00
Last Modified: 25 Jan 2022 03:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21902

Actions (login required)

View Item View Item