IMPLEMENTASI BERMAIN MENARA KUNCI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK CEREBRAL PALSY KELAS DASAR I DI SLB NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN

JEFFERSON GONAS BABUT (2022) IMPLEMENTASI BERMAIN MENARA KUNCI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK CEREBRAL PALSY KELAS DASAR I DI SLB NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN.

[img] Text
Halaman depan.docx

Download (53kB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI x.docx

Download (40kB)
[img] Text
Skripsi jefer fix.docx

Download (2MB)
[img] Text
hasil cek anak.docx

Download (310kB)
[img] Text
jefer instrumen.docx

Download (202kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (48kB)

Abstract

JEFFERSON GONAS BABUT, 2014. Implementasi Bermain Menara Kunci Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Cerebral Palsy Kelas Dasar I SLBNegeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.Skripsi ini dibimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M. Pd. dan Drs. H. Agus Marsidi, M. Si. Di Jurusan Pendidikan Luar BiasaFakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah Kemampuan Motorik Halus Anak Cerebral Palsy masih sangat rendah. Hal tersebut terlihat ketika penulis melakukan observasi awal tepatnya pada hari Kamis tanggal 22 september2012, hasil observasi menunjukkan bahwa murid cerebral palsy kelas dasar I di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan masih belum mampu menggunakan kemampuan motorik halus dengan baik. Terbukti ketika anak melakukan beberapa aktivitas yang berkaitan dengan kemampuan Motorik Halus, anak tersebut masih dibantu oleh gurunya, sehingga nampak bahwa anak belum matang dalam mengembangkan kemampuanMotoriknya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Meningkatkan kemampuan motorik halus anak Cerebal Palsy melalui bermain menara kunci Kelas Dasar I di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan?.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “Peningkatan Kemampuan Motorik Halus murid Cerebral Palsy melalui Bermain Menara Kunci kelas dasar I diSLBNegeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan”.Penelitian ini merupakan penelitian Single Subject Research dengan desain A (Baseline 1) ---B (Intervensi) --- A (Baseline 2).Subjek penelitian ini adalah dua orang murid Cerebral Palsy kelas Dasar I di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes.Data yang diperoleh diolah melalui metode eksperimen dengan penelitian subjek tunggal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Menara Kunci dapat meningkatkan Kemampuan Motorik Halus.Hal ini berdasarkan pada grafik kemampuan Motorik Halus setiap subjek yang meningkat.Dengan demikian hasil penelitian ini dapat menjawab rumusan masalah bahwa Menara Kunci dapat meningkatkan kemampuan Motorik Halus dan efektif digunakan dalam pembelajara pada murid Cerebral Palsy.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jan 2022 06:58
Last Modified: 21 Jan 2022 06:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21867

Actions (login required)

View Item View Item